Jalin Kerjasama Dengan Pemprov Papua, Pemda Keerom Gunakan Aplikasi E – Office

Posted by : pembarua July 12, 2023

JAYAPURA-Dilaksanakan Penandatangan Perjanjian Kerjasama antara Pemerintah Provinsi Papua dengan Pemerintah Kabupaten Keerom terkait penggunaan Aplikasi E – Office di Kabupaten Keerom di Kantor Gubernur Provinsi Papua pada Senin 10 Juli 2023 lalu.

Penandatanganan ini dihadiri Plh Gubernur Dr. M.Ridwan Rumasukun, SE., MM dan Bupati kabupaten Keerom Piter Gusbager, S. Hut., MUP, juga hadir Plh. Sekda Provinsi Papua Derek Hegemur, SH., MH Kadiskominfo Provinsi Papua Jeri Agus Yudianto, S.Kom, Kadis Kominfo Papua Barat Daya Irma Riyani Soleman, S.Sos., MM, Sekretaris  Dinas Kominfo Kabupaten Keerom Lanang Eka Samuel, Kepala OPD serta pejabat Eselon 3 dan 4 dari Dinas terkait.

Dikatakan Jeri Agus Yudianto Aplikasi e Office ini merupakan aplikasi Administrasi perkantoran berbasis website untuk yang digunakan untuk memfasilitasi disposisi surat oleh pimpinan. Dengan fitur sederhana yang sudah mendapatkan lisensi sertifikat BSrE (Balai Sertifikasi Elektronik). 

Dalam kerjasama ini Pemerintah Provinsi Papua memfasilitasi infrastruktur TIK yang di butuhkan untuk mempersiapkan dan menyedikan aplikasi E – Office, sedangkan kewajiban Pemerintah Kabupaten Keerom mempersiapkan Infrastruktur TIK untuk menunjang keberlangsungan pemanfaatan aplikasi E-   Office, menyediakan data base pegawai untuk registrasi akun pada aplikasi E- Office, menyediakan sumber daya manusia dan sub domain serta melakukan sosialisasi penggunaan Aplikasi E -Office.

Sementara itu Bupati Keerom Piter Gusbager S. Hut. MUP pada sambutannya mengatakan Pemerintah Kabupaten Keerom sangat berterima kasih atas dukungan dari Pemerintah Provinsi Papua melalui Diskominfo Provinsi Papua dan Diskominfo Kabupaten Keerom yang telah membangun kerjasama mengenai pemanfaatan e-office dalam implementasi Tanda Tangan Elektronik (TTE), dimana sebelumnya Diskominfo Kabupaten Keerom telah mendapatkan sertifikat elektronik dalam Perjanjian Kerjasama Tanda Tangan Elektronik dari Balai Sertifikasi Elektronik (BsrE) di Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pada bulan Maret 2023.

Adapun Aplikasi E-Office ini dimaksudkan untuk memfasilitasi instansi dalam pengelolaan dokumen surat menyurat dan aktivitas perkantoran secara online. Pelayanan berbasis online memang sudah sangat dibutuhkan diera perkembangan teknologi saat ini. Kita sudah ada pada era 4.0, sehingga memang diperlukan pelayanan yang berteknologi agar semakin mudah, efektiv, efisien dan menghindari terjadinya tumpang tindih ataupun pemborosan penyelenggaraan tata naskah dinas serta mendorong terciptanya birokrasi modern yang efektif dan efisien.

“Kami berharap Pembinaan dan Dukungan baik itu dalam bentuk Anggaran maupun Pelaksanaan Program Kegiatan Pemerintah Provinsi Papua di Kabupaten Keerom dapat terus ditingkatkan dan diperluas cakupanya dimasa-masa yang selanjutnya, dan Pemerintah Kabupaten Keerom akan terus bersinergi dengan seluruh pihak dalam rangka mendorong kemajuan pembangunan Keerom ke arah lebih baik di masa akan datang. Ini juga tentunya akan sangat menunjang terpenuhinya kesejahteraan rakyat secara menyeluruh,”Pungkasnya.(gin)

RELATED POSTS
FOLLOW US