Mama Gubernur: Dogiyai Diberkati Tuhan, Tidak Boleh Lagi Ada Pertumpahan Darah

Posted by : pembarua July 31, 2023

DOGIYAI – Pemerintah Kabupaten Dogiyai bersama TNI-Polri dan unsur masyarakat menggelar apel luar biasa, yang dipimpin oleh PJ Gubernur Papua Tengah, DR. Ribka Haluk,S.Sos., MM selaku inspektur upacara dan dihadiri unsur SKPD Provinsi Papua Tengah, Senin (31/7/2023).

Dalam amanatnya PJ Gubernur Papua Tengah, DR. Ribka Haluk,S.Sos., MM mengungkapkan, apel luar biasa ini dilakukan dalam rangka “Mama Gubernur Papua Tengah” berkantor di 8 kabupaten dan Kabupaten Dogiyai menjadi daerah pertama ia berkantor.

 

“Dogiyai kali ini mendapat perhatian khusus dan istimewa di hati Mama Gubernur. Ketika kami mendarat di Kabuopaten Dogiyai air mata kami mengalir, karena daerah ini diciptakan Tuhan sangat indah,” katanya.

Ia menyampaikan memilih Kabupaten Dogiyai menjadi daerah pertama yang dikunjungi, lantaran ingin menjadikan daerah tersebut menjadi pilot projek pembangunan di 8 kabupaten yang ada di Provinsi Papua Tengah.

“Saya hadir dengan kekuatan penuh, seluruh ASN saya libatkan termasuk para pejabat eselon II. Tujuannya apa, agar nanti para pejabat eselon II ini bisa mengetahui apa saja yang perlu di suport pembangunannya di Dogiyai, termasuk bagaiamana kita mensejahterakan masyarakatnya,” pungkasnya.

Mama Ribka Haluk meminta seluruh ASN dan TNI Polri di Kabupaten Dogiyai untuk fokus melakukan rehabilitasi keamanan serta merehabilitasi rumah-rumah warga yang dibakar termasuk gedung perkantoran akibat konflik sosial masyarakat di wilayah tersebut.

“Itu alasan seluruh pejabat pemprov saya bawa. Agar apa, kita bisa bersama-sama berdiskusi program apa yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan ditengah-tengah masyarakat. Tuhan memberikan daerah ini sangat subur dan indah, maka kita harus bertanggungjawab bersama untuk menjadikan daerah ini kembali aman, nyaman dan mesejahterakan masyarakatnya. Saya minta semua harus setuju, ini tanah kita, ini negri kita dan kita harus segera membangunnya,” tegasnya.

Mama Ribka Haluk berjanji akan memberikan bantuan penuh, apabila semua ASN dan TNI-Polri dan seluruh masyarakat bersatu. Diharapkan kedepannya tidak ada lagi aksi kekerasan hingga pembakaran terjadi.

“Kabupaten Dogiyai ini harus dipulihkan kembali untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, siapapun aparatur negara yang bertugas disini kita sama-sama membangun daerah ini. Mulai hari ini tidak perlu lagi kita saling menyalahkan. Kita pemerintah siap, kita mampu membangun daerah ini dan berkomitmen,” lugasnya.

“Saya tegaskan kami pemerintah masih ada, daerah ini akan kita kembalikan aman. TNI dan Polri akan mendukung penuh untuk kita membangunnya. Tidak boleh ada lagi pertumpahan darah di Dogiyai, karena tanah ini sudah diberkati oleh Tuhan dan injil,” katanya lagi.

Mama Ribka Haluk berharap aparat keamanan untuk melakukan pendekatakan secara presuasif dan humanis dengan masyarakat serta mengajak masyarakat meningkatkan toleransi antar umat beragama dan saling menghargai satu sama lain.

“Sebentar kita akan rapat dan berdiskusi dengan seluruh lapisan masyarakat, ada dari unsur perempuan, pemuda dan tokoh-tokoh agama serta tokoh masyarakat untuk membahas kira-kira apa yang diharapkan dari masyarakat kita, agar pemulihan daerah ini bisa segera terjadi,”Ujarnya.

Terakhir mantan PJ Bupati Yalimo itu berpesan untuk kedepan uang tidak lagi beredar di Kabupaten Nabire. Sebab, pasca aksi kekerasan kios-kios di Kabupaten Dogiyai tutup dan masyarakat harus belanja di Nabire.

“Dengan saya tidur disini dan berkantor disini permasalahan bisa kita atasi. Harapannya, aktivitas ekonomi kembali berjalan normal dan perputaran uang kembali terjadi dan daerah ini bisa kembali menjadi daerah yang maju dan berkembang,”Tutupnya.(gin)

RELATED POSTS
FOLLOW US