Pemerintah Pusat dan Pemda Cari Solusi Atasi Cuaca Ekstream di Papua Tengah

Posted by : pembarua August 13, 2023

NABIRE – Pemerintah pusat dan pemerintah derah akan mencari solusi dalam mengatasi krisis pangan akibat cuaca ekstream yang secara periode terjadi di Papua Tengah. Dimana sebelumnya terjadi bencana krisis pangan di Distrik Agandugume dan Limbewi Kabupaten Puncak, yang mengakibatkan 6 orang meninggal dunia dan 7.500 orang kelaparan.

Langkah cepat itu dilakukan oleh Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI dengan mengajak lintas kementrian dibawahnyam melakukan rapat dengan Gubernur Papua Tengah DR. Ribka Haluk, S.Sos., MM, Bupati Puncak Willem Wandik dan Pangdam XVII/Cendrawasih serta Kapolda Papua di Jakarta pada tanggal 9 Agustus 2023 lalu.

Gubernur Papua Tengah melalui, Plh. Sekda Papua Tengah, Anwar H Damanik, SSTP., MM menjelaskan saat ini kondisi masyarakat di Distrik Agandugume dan Limbewi Kabupaten Puncak berangsung-angsur membaik, pasca masuknya bantuan pangan.

“Kita sudah ketahui bersama bahwa pemerintah daerah dibantu pemerintah pusat serta TNI-Polri secara bahu membahu mendorong bantuan ke Agandugume dan Limbewi, sehingga kini masyarakat disana telah ditangani dengan baik, pasca masyarakat gagal panen akibat cuaca ekstream,” jelasnya, Sabtu (12/8/2023).

Anwar menegaskan pemerintah daerah berterima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam mengatasi krisis pangan di Kabupaten Puncak. Akan tetapi, bantuan ini merupakan solusi jangka panjang.

“Melalui rapat bersama Mentri PMK bersama lintas Kementrian jajarannya, PJ Gubernur, Bupati, Kapolda dan Pangdam, dibahas tentang bagaimana percepatan penanganan bencana pangan atau terjadi cuaca ekstream yang secara periode dialami daerah di Pemprov Papua Tengah,” tuturnya.

Anwar menambahkan detal rapat bersama Mentri PMK dan jajarannya nantinya akan dibahwa oleh seluruh jajaran Pemprov Papua Tengah bersama Pemda Kabupaten Puncak. Namun, pada prinsipnya pihaknya berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh semua pihak, khususnya pemerintah pusat atas permasalahan yang dihadapi masyarakat di Papua Tengah.

“Kita tau bersama rencana pemerintah pusat akan membangun pusat lumbung pangan permanen di Papua Tengah, untuk mengatasi cuaca yang susah ditebak di beberapa daerah. Ini adalah langkah stretgis yang dibutuhkan masyarakat,” tutupnya.(Roy/gin)

RELATED POSTS
FOLLOW US