Bendera Sepanjang 2023 Meter Berkibar di Papua Pegunungan

Posted by : pembarua August 15, 2023

WAMENA: Momentum peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Negara Republik Indonesia Ke-78 ini menjadi sebuah momen penting bagi masyarakat Papua Pegunungan untuk menunjukkan rasa cintanya kepada tanah air. Bendera Merah Putih sepanjang 2023 meter yang dibentangkan pada tanggal 15 Agustus 2023 menggambarkan semangat kebersamaan dan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia.

Selain itu, acara tersebut juga dihadiri oleh pejabat pemerintah setempat dan tokoh masyarakat yang turut meramaikan suasana peringatan kemerdekaan di Papua Pegunungan. 

Pembentangan Bendera Merah Putih itu dipusatkan di Taman Tugu Salib Wio Silimo Wamena yang dimulai dari depan Kantor Bank BRI hingga di Pasar Sinakma Jalan Yos Sudarso Wamena. 

Pembentangan Bendera Merah Putih juga dihadiri Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua, Dandim 1702 Jayawijaya Letkol CPN Athenius Murip, Kapolres Jayawijaya AKBP Heri Wibowo, TNI, Polri, ASN Kabupaten Jayawijaya dan juga Provinsi Papua Pegunungan, Pelajar baik dari tingkat SMP, SMA, maupun Mahasiswa se-Kota Wamena, serta Paguyuban Nusantara.  

Penjabat Gubernur Provinsi Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo mengungkapkan, pembentangan Bendera ini sebagai wujud cinta tanah air anak bangsa, dimana terlihat masyarakat yang ada di Papua Pegunungan dengan antusias membentangkan Bendera Merah Putih tersebut.

”Pada hari ini Rabu tanggal 15 Agustus 2023, dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Kita Negara Republik Indonesia yang ke-78 tahun 20023. Bapak Ibu kita bisa menyaksikan bagaimana antusias masyarakat Provinsi Papua Pegunungan membentangkan Bendera Sang Saka Merah Putih, mulai dari Kantor BRI sampai ke Sinakma sepanjang 2023 meter. Luar biasa Provinsi Papua Pegunungan yang baru ini, kita membuat sesuatu yang luar biasa untuk masyarakat betul-betul mengetahui dan mencinta kepada bangsa Negara Republik Indonesia,” kata Pj Bupati Papua Pegunungan.

”Dilihat dari masyarakat, anak-anak sekolah, paguyuban, Tokoh masyarakat, tokoh agama, mahasiswa, PNS semua antusias, bisa disaksikan bagaimana semua turun di lapangan di jalan raya untuk membentangkan bendera kita tercinta ini,” ungkapnya.

Menurut Mantan Kajati Papua, ini adalah langkah Pemerintah sebagai Daerah Otonomi Baru yang baru dimekarkan, sehingga diharapkan agar melalui momentum ini, dunia dan seluruh masyarakat dari Sabang sampai Merauke dapat mengetahui bahwa Provinsi Papua Pegunungan sudah berada di Wamena Papua Pegunungan.

”Terobosan pertama untuk Provinsi Papua Pegunungan supaya masyarakat tau, dunia tau di seluruh nusantara juga tau bahwa Provinsi Papua Pegunungan sudah berada di Wamena, jadi ini salah satu kado besar yang diberikan Pemerintah Pusat Kepada masyarakat di Provinsi Papua Pegunungan,” ujarnya Kondomo.

Nikolaus Kondomo juga mengajak kepada seluruh masyarakat di Papua Pegunungan ini, untuk terus menjaga, serta membangun bangsa Indonesia.

“Mari kita semua dengan Kemerdekaan Republik Indonesia yang akan kita laksanakan Hari ulang tahunnya 17 Agustus membawa kebanggaan kita, membawa semangat kita untuk mencinta Negara Republik Indonesia. Mari melaju terus membangun bangsa kita Republik Indonesia untuk kedepan,” tutup Pj Bupati Pemprov Papua Pegunungan.

Sementara itu Asisten II Setda Provinsi Papua Pegunungan Elai Giban yang juga Ketua Panitia HUT RI Ke-78 Provinsi Papua Pegunungan menyebutkan, berbagai kegiatan yang dilakukan dalam rangka Hari Kemerdekaan dapat berjalan dengan baik, dimana antusias masyarakat juga sangat luar biasa, terutama dalam pembentangan Bendera tersebut, yang mana target sekitar 5.000 an masyarakat ini, namun jika dilihat kehadiran masyarakat sudah lebih dan membludak.

“Sejak di mulai kegiatan dalam rangka Hut RI Ke-78 ini dapat berjalan dengan baik, antusias masyarakat sangat luar biasa, pembentangan Bendera sekarang target 5.500 an, tapi membludak,” ujar Asisten II Setda Papua Pegunungan.

Ditambahkannya, untuk kegiatan pada esok hari Rabu 16 Agustus 2023, pihaknya akan melakukan pembersihan di depan Taman Tugu Salib Wio Silimo Wamena. Selanjutnya pada hari yang sama juga tepatnya pukul 19.00 Wit akan dilakukan Pengukuhan Paskibra Provinsi Papua Pegunungan.

“Untuk besok akan dilakukan sapu di depan Tugu Salib, kemudian jam 19.00 Wit Pengukuhan Paskibraka Provinsi Papua Pegunungan” tutupnya.(ap/gin)

RELATED POSTS
FOLLOW US