Komunitas SAKU Terus Tularkan Aksi Literasi Kepelosok Yapen

Posted by : pembarua August 29, 2023

SERUI-Komunitas SAKU (SA SUKA BUKU) memang pantas mendapat penghargaan karena telah bergerak sejak tahun 2017 untuk menumbuhkan budaya literasi di Indonesia.

Meskipun hanya memiliki 3 anggota, mereka terus berupaya menularkan aksi literasi ke berbagai pelosok. Salah satunya adalah dengan membangun lapak baca mini yang mereka sebut dengan sebutan 50 Target Pak Cani.

Menurut Agis Nursyeha selaku founder SAKU YAPEN, lapak baca mini yang telah dibangun baru terdiri dari 12 lokasi yang tersebar di beberapa wilayah seperti di Perea, Ambai, Borai, beberapa puskesmas, dan tempat mengaji. Namun, Agis mengakui bahwa target 50 lapak baca mini masih jauh dari capaian karena ada beberapa kendala yang dihadapi.

Kendala yang dialami oleh SAKU YAPEN adalah ketersediaan buku bacaan yang layak khusus untuk anak-anak. Selama ini pendirian lapak baca mini menggunakan dana pribadi dan ada beberapa donatur yang memberikan buku bekas yang masih layak baca. Namun, SAKU YAPEN sangat membutuhkan buku ensiklopedia dan buku dongeng agar anak-anak dapat memiliki akses pada buku-buku yang bermanfaat.

Untuk informasi, komunitas SAKU YAPEN telah mendapatkan beberapa penghargaan dari RRI dan Indonesia Mengajar. Hal ini membuktikan bahwa upaya mereka dalam menumbuhkan budaya literasi di Indonesia sudah mendapat pengakuan dari berbagai pihak.

Dengan adanya target 50 lapak baca mini, SAKU YAPEN berharap bahwa budaya baca buku dapat terus dipertahankan dan tidak tergerus, terutama di pelosok-pelosok yang sulit dijangkau. SAKU YAPEN juga mengajak masyarakat untuk turut berkontribusi dalam upaya menumbuhkan minat literasi dengan cara mendonasi buku yang masih layak baca khususnya buku ensiklopedia dan buku dongeng.(gin)

RELATED POSTS
FOLLOW US