DP3AKB Kabupaten Puncak Jaya Gelar Sosialisasi Pap Smear di Puskesmas Distrik Ilu dan Nioga

Posted by : pembarua October 9, 2023 Tags : JAYAPURA , Puncak Jaya

JAYAPURA-Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Puncak Jaya melakukan kegiatan Sosialisasi Pap Smear di Puskesmas Distrik Ilu dan Puskesmas Distrik Nioga.

Agenda itu juga melanjutkan kegiatan Capai Kesetaraan Gender, Peran Perempuan di Bidang politik, hukum, sosial dan ekonomi bagi kaum Perempuan sebelumnya yang kini berlangsung di Zona II Distrik Ilu. Kegiatan itu bertempat Di Aula Serbaguna Koramil 1714-02/Ilu.

Hadir dalam kegiatan itu Pj. Sekda Yubelina Enumbi, SE, MM Kepala Dinas P3AKB Ursula W Wonda, SKM, M.KES didampingi Asisten Bid Ekonomi Pembangunan Esau Karoba, S. Pak dan Direktur RSUD Mulia dr. Muhammad Nasir Ruki, S.Si, M.Kes, Apt, Sp.Gk, bersama dr. Imanuel Sp.OG, Kapolsek Ilu Ipda Yanto M. Swabra, S.Sos, Kapten Chk Hery Purwanto, S.H., selaku Danramil 1714-02 didampingi tokoh Agama Distrik Ilu dan staf DP3AKB, Para Kepala Distrik dan Kepala Puskesmas.

Kepala DP3AKB Ursula wonda dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan kegiatan Sosialisasi PAP SMEAR adalah untuk bisa mendeteksi dan ditangani lebih dini kanker leher rahim (serviks) dan pemahaman arti pentingnya kesehatan dan kebersihan diri.

“Kerena pentingnya Sosialisasi ini untuk menjaga keturunan yang sehat di Kabupaten Puncak Jaya dilanjutkan dengan Sosialisasi peningkatan partisipasi perempuan di bidang politik hukum dan sosial ekonomi di distrik Ilu. Tujuannya untuk meningkatkan keadilan dan kesejahteraan gender serta meningkatkan partisipasi aktif perempuan dalam pembangunan bahwa perempuan dan laki-laki sama derajatnya di depan hukum, sosial dan ekonomi.” Ujarnya.

Dirinya menambahkan bahwa jajarannya hadir untuk membuka pikiran dan wawasan tentang pentingnya kesetaraan gender. Kegiatan tersebut bertempat di 7 Distrik yang bersumber dari Dana Otsus Tahun 2023.

“Kabupaten Puncak Jaya sudah membuktikan bahwa perempuan bisa menjadi pemimpin bukan hanya laki-laki saja bisa jadi pemimpin, terbukti seorang perempuan menjadi sekretaris Daerah Yubelina Enumbi SE, MM dan kepala dinas DP3AKB dan bagian legislatif ada 2 perempuan Puncak Jaya yang menjadi anggota DPRD. Jumlah  peserta kesetaraan gender 117 orang, dan jumlah peserta Papsmear Puskesmas Ilu 50 Orang,”Ujarnya.

Dalam sambutannya, Ursula W Wonda, SKM, M.Kes mengatakan setelah kegiatan di Zona I pemeriksaan Pap Smear dan kegiatan Capai Kesetaraan Gender pada tanggal 24 Agustus 2023 dan berlanjut di Zona II dalam 3 hari Sosialisasi Pap Smear dan kegiatan capai kesetaraan Gender harus di sadari” jelasnya.

Kapten Chk Hery Purwanto, S.H., selaku Danramil 1714-02 menyatakan pihaknya sangat berterimakasih kepada pemerintah Kabupaten Puncak Jaya yang sangat mengapresiasi khususnya DP3AKB karena kegiatan ini memang sangat penting di wilayah II khususnya di pedalaman, semoga kegiatan ini kedepannya akan terus terlaksana dan kami akan selalu mendukung kegiatan tersebut khususnya di bidang keamanan.

Lebih lanjut Kapolsek Ilu Ipda Yanto M. Swabra, S.Sos berpesan kepada kaum ibu-ibu bahwa kegiatan tersebut sangat penting. “Ini bukan menyangkut politik tetapi ini adalah program pemerintah, dengan harapan jangan ada pemikiran lain-lain, karena tujuan ini kemarin kita laksanakan di Nioga jumlah peserta 109 lebih dan dirinya berharap Ilu 200 lebih,”jelas Kapolsek.

Adapun kegiatan lanjutan pemeriksaan Pap Smear  di Distrik Nioga bertempat di Puskesmas Nioga dengan jumlah peserta Pap Smear sebanyak 50 peserta.

Ditemui pers Ursula Wonda, selaku Narasumber menyampaikan bahwa sosialisasi pap smear ini sangat penting karena mengenai kanker ini di Indonesia menjadi kasus kedua tertinggi yaitu kanker serviks, jadi ibu-ibu harus datang memeriksakan diri.

Dirinya berharap kepada kaum ibu-ibu bisa mengerti dalam hal pemeriksaan kanker ini supaya mereka bisa mengerti dalam pengambilan sampel dan setelah 2 Minggu akan mendengarkan hasil, kalao positif akan diadakan pelatihan pedampingam, pemberian obat secara rutin, pengambilan sampel akan di kasih obat, tapi kalau hasilnya bagus setelah satu tahun periksa lagi.

Lebih lanjut, Ursula menyampaikan Terima kasih kepada pemerintah dalam hal ini Pj. Bupati Tumiran, S. Sos. M. AP  dan Ibu Pj. Sekda Yubelina Enumbi, SE, MM yang sudah membantu.aà

Dirinya berharap kegiatan pap smear ini pada tahun-tahun berikutnya harus ada supaya 26 Distrik dan 302 kampung ini kami bisa jangkau lebih banyak lagi untuk pemeriksaan Pap Smear ini.

Ditempat yang sama dr. Imanuel Sp.OG berharap kedepannya kegiatan ini bisa berjalan lebih baik lagi dan kegiatan Pap Smear ini ditindaklanjuti dengan Vaksin AVP untuk menjaga wanita-wanita asli Papua dari kanker serviks.

Mira Wonda mewakili peserta menyampaikan terima kasih kasih kepada Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya dalam hal ini DP3AKB yang sudah datang untuk membantu kum Ibu.(gin)

RELATED POSTS
FOLLOW US