Kemensos RI Salurkan Bantuan Pada Korban Bencana Longsor Yang Terjadi di Dua Distrik Kabupaten Yahukimo

Posted by : pembarua October 23, 2023 Tags : Bencana , Sosial

JAYAPURA-Perkuat Lumbung Sosial di Yahukimo Provinsi Papua Pegunungan, Balai Besar Kemensos Regional VI Jayapura serahkan logistik korban bencana kepada Sinode GKI di Tanah Papua pada Senin (23/10).

 

Bantuan bencana tersebut akan disalurkan kepada korban bencana longsor yang ada di Distrik Anggruk dan Penggama di Kabupaten Yahukimo.

 

Penyerahan bantuan bencana seberat 6,1 ton tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Balai Kemensos RI Regional VI Papua-Maluku Jhon Mempioper Kepala Sekretariat Kantor Sinode GKI di Tanah Papua Pdt. Wellem Rumbiak didampingi Sekretaris Pelayanan dan Keadilan GKI di Tanah Papua Pdt. Lenora Balubun dan Wakil Sekretaris Klasis Yalimo Anggruk GKI, Pnt. Jimmy Komendi, Senin (23/10/2023).

 

“Mewakili Ibu Menteri Sosial telah menyalurkan logistik kebutuhan warga bencana alam di Kabupaten Yahukimo khususnya untuk Distrik Anggruk dan Panggema melalui Lumbung Sosial ini kurang lebih 6,1 ton yang terdiri dari makanan anak dan dewasa, tenda, kasur dan selimut serta solarcell untuk penerangan yang dibutuhkan warga,”Tegasnya.

 

Lumbung Sosial yang disiapkan tersebut bekerja sama dengan Sinode GKI di Tanah Papua melalui Klasis GKI Anggruk dan Yalimo guna merespon bencana alam yang terjadi didaerah tersebut.

 

“Secara resmi kami sudah serahkan bantuan logistik yang kami serahkan kelada Sinode GKI dan tadi pagi kita sudah terbangkan seberat 600 Kg dengan menyewa pesawat ke distrik Anggruk yang telah didistribusikan,”Tegasnya.

 

Selanjutnya pihaknya bersama GKI di Tanah Papua akan menyalurkan secara bertahap kedua daerah tersebut melihat kebutuhan korban masyarakat.

 

Ia mengatakan bencana alam yang terjadi di Anggruk dan Panggema yang merupakan pelayanan GKI di Tanah Papua sehingga sebagian korban longsor adalah Warga GKI yang dilaporkan sebanyak 47 KK.

 

“Ada beberapa rumah warga yang rusak dan tidak bisa dihuni sehingga kami sediakan juga tenda keluarga berkapasitas besar dan kecil untuk memenuhi kebutuhan warga sebagai tempat tinggal warga disaat lemulihan bencana ini,”Pungkasnya.

 

Kepala Sekretariat Kantor Sinode GKI di Tanah Pdt. Wellem Rumbiak berterima kasih kepada Menteri Sosial RI yang secara sigap dan cepat memberikan bantuan kepada jemaat kami yang ada di Anggruk dan Penggama Kabupaten Yahukimo.

 

“Anggruk dan Penggama merupakan wilayah pelayanan Klasis GKI Yalimo dan Anggruk. Dimana bantuan sangat banyak yakni sebesar 6,1 ton dan selanjutnya akan diterbangkan ke Anggruk dan Penggema,”Katanya.

 

Bantuan yang telah diberikan akan diteruskan oleh GKI Klasis Yalimo-Anggruk bersama Balai Kemensos RI Regional VI Papua – Maluku agar masyarakat dapat dibantu sesuai dengan kebutuhan yang ada.

 

Wakil Sekretaris Klasis Yalimo Anggruk GKI di Tanah Papua Pnt. Jimmy Komendi mengapresiasi langkah cepat yang diambil Kementerian Sosial RI dalam hal ini Balai Kemensos RI Regional VI Papua – Maluku yang memberikan bantuan kepada masyarakat yang terkena musibah longsor dan Ia berharap bersama GKI pihaknya akan menyalurkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang ada.

 

“Sudah disalurkan 600 kg. Sarden, indomie beras dan lain lain ke Anggruk. Sementara di Panggema Longsor ke lapangan terbang tapi pesawat sudah mulai bisa mendarat,”Pungkasnya.(*)

RELATED POSTS
FOLLOW US