Melalui Papua Youth Concert Ajak Anak-Anak Muda Papua Pahami Kesehatan Seksual dan Reproduksi

Posted by : pembarua December 9, 2023 Tags : JAYAPURA , Papua , Reproduksi

JAYAPURA- Shine of Black, grup hip hop dari Jayapura, dan Ona Hetharua, penyanyi asal Maluku, memperingati Hari AIDS Sedunia 2023 bertema “Bekerja Bersama Komunitas” dan 16 Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan (16HAKTP) dengan “Papua Youth Concert: Kitong Baku Jaga, Sa Jaga Ko, Ko Jaga Sa” di Kantor Gubernur Papua pada hari Sabtu, 09 Desember 2023 (09/12). Pada acara ini, Ona Hetharua meluncurkan lagu terbarunya “Mace Tra Bodo” yang menyampaikan pesan anti kekerasan terhadap perempuan.

 

Selain konser musik dan peluncuran lagu, ada juga penampilan musikalisasi puisi oleh penyair dari Maluku Eko Saputra Poceratu, dance challenge “Mace Tra Bodo”, kompetisi stand up comedy, talkshow tentang orang muda dan kesehatan seksual dan reproduksi, serta layanan konseling remaja dan tes HIV gratis. Acara ini dibuka oleh PJ. Gubernur Provinsi Papua Dr. Muhammad Ridwan Rumasukun, S.E., M.M.

 

Acara ini adalah kampanye untuk meningkatkan kesadaran orang muda tentang hak kesehatan seksual dan reproduksi, pencegahan kekerasan berbasis gender, dan adaptasi perubahan iklim yang diadakan atas kerja sama antara Dana Kependudukan Perserikatan Bangsa-bangsa (UNFPA) Indonesia, Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) DKI Jakarta, Tifa Melanesia Babunyi (TMB) Foundation, Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua, dan Pemerintah Provinsi Papua.

 

Sebagai lanjutan dari kampanye ini, UNFPA dan PKBI DKI Jakarta berencana akan mengembangkan pendidikan kesehatan reproduksi dan seksual (PKSR) yang komprehensif di luar sekolah.

 

“Orang muda berhak untuk mendapatkan layanan, informasi, dan edukasi kesehatan seksual dan reproduksi yang berkualitas, inklusif, dan tidak diskriminatif,” kata Wakil Kepala Perwakilan UNFPA Indonesia dr. Melania Hidayat.

 

“Saya mengajak kita semua untuk terus berkomitmen dan berupaya untuk meningkatkan akses pendidikan kesehatan seksual dan reproduksi komprehensif untuk orang muda sebagai jembatan yang diperlukan untuk mencapai pemberdayaan ekonomi yang dibutuhkan oleh jutaan orang muda di Indonesia,” tegasnya.

 

“PKRS yang komprehensif berperan penting dalam membekali orang muda dengan pengetahuan dan kemampuan yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan yang sehat dan bertanggung jawab, terutama tentang kehidupan seksualitas dan masa depannya,” ucap Direktur PKBI DKI Jakarta Adhityas Putri Utami.

 

“PKBI DKI Jakarta berkomitmen untuk mempromosikan pemberdayaan orang muda, kesehatan fisik dan mental orang muda, pencegahan kekerasan berbasis gender, HIV dan infeksi menular seksual, serta adaptasi perubahan iklim,” tandasnya.

 

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua Christian Sohilait ST. M.Si mengungkapkan kesehatan reproduksi dan kesehatan seksual selama ini di Provinsi Papua adalah masalah yang tabu diperbincangkan sehingga banyak anak tidak terselamatkan dari penyakit tersebut.

 

Ia menambahkan Pemerintah daerah dan NGO yang ada belum bekerja maksimal mengenai kesehatan reproduksi oleh sebab itu kegiatan yang dilaksanakan Pemda Provinsi Papua berdasama PKBI dan UNPFA adalah kegiatan yang positif dalam memberikan pemahaman kepada anak anak imengenai kesehatan reproduksi dan kesehatan seksual.

 

“Acara yang dikemas hari ini melalui konser adalah menyesuaikan keinginan oleh anak-anak dan masyarakat sesuai perkembangan zaman sehingga bagaimana pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik,”Pungkasnya.

Tentang UNFPA

UNFPA adalah badan terkemuka PBB yang bekerja untuk menciptakan dunia di mana setiap kehamilan diinginkan, setiap persalinan berlangsung dengan aman, dan potensi setiap orang muda terpenuhi. Sejak 1972, UNFPA sudah menjadi salah satu mitra terdepan Indonesia dalam kesehatan reproduksi, orang muda, kependudukan dan pembangunan, dan kesetaraan gender.

 

UNFPA Indonesia berupaya untuk mencapai three transformative results yang juga dikenal sebagai three zeros, sebuah komitmen global untuk mengakhiri kematian ibu yang bisa dicegah, kebutuhan Keluarga Berencana yang tidak terpenuhi, dan kekerasan berbasis gender dan praktik berbahaya, yang dipandu oleh International Conference on Population and Development (ICPD) tahun 1994 dan Agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 2030. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi https://indonesia.unfpa.org/

Tentang PKBI DKI Jakarta

Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) DKI Jakarta adalah Lembaga Swadaya Masyarakat yang bekerja untuk isu hak kesehatan seksual dan reproduksi serta pencegahan kekerasan berbasis gender dengan tujuan untuk mewujudkan “keluarga bertanggung jawab dan inklusif”. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi https://pkbidkijakarta.or.id/about-us/. (Redaksi)

RELATED POSTS
FOLLOW US