Kronologi Meninggalnya Anggota Basarnas Jayapura, Tri Sudarno Saat Menyelamatkan Nyawa Warga

Posted by : pembarua March 14, 2024 Tags : Basarnas , JAYAPURA

JAYAPURA – Seorang anggota Basarnas Jayapura, Tri Sudarno, meninggal dunia setelah terjatuh dari salah satu Tower Telekomunikasi Gunung Sabron Yaru, Distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura. Peristiwa itu terjadi saat Tim Basarnas hendak membantu evakuasi warga berinisial TY (21) yang melakukan percobaan bunuh diri, Rabu (13/3/2024).

Kepala Kantor SAR Jayapura Mlekianus Kotta menjelaskan kejadian itu terjadi saat Tim Basarnas Jayapura menerima laporan pukul 10.08 WIT dari seorang warga Ali Erfandi tentang adanya seorang warha yang melakukan percobaan bunuh diri dengan memanjat tower milik Telkomsel Sentani Barat dengan jarak dari Kantor SAR Jayapura ke lokasi sekitar 13,81 KM.

“Setelah mendapatkan laporan tim langsung menuju lokasi dan melakukan negoisiasi. PAda saat proses evakuasi korban dari ketinggian ±50 meter berjalan lancar, akan tetapi saat berada di ketinggian ±15 meter korban yg ditolong ini melakukan perlawanan terhadap personil kita, hingga akhirnya petugas kita menepi dan berpegangan ke besi,” tuturnya.

Akan tetapi saat itu warga yang hendak ditolong tetap meronta, lanjut Mlekianus, mengakibatkan petugas kita panik. Lalu petugas pun meminta bantuan kepada rekan-rekannya untuk melalukan bilay tali yg diatas.

“Pada saat posisi bilay tali almarhum dan korban masih posisi break (diam) terjadi penumpukan tali dan pada saat itu korban yg ditolong mendorong badan keluar akhirnya almarhum panik lepas tangan dari pegangan. Kemudian almarhum dan warga yang ditolong terjatuh. Namun peristiwa itu membuat petugas kami gugur dalam tugas,” terangnya.

Ia menambahkan saat ini jenazah petugasnya telah dimakamkan. Sedangkan warga yang melakukan percobaan bunuh diri sedang menjalani perawatan medis akibat luka-luka yang dialaminya.

“Kini almarhum telah dimakamkan. Sedangkan TY saat ini menjalani perwatan medis di RSUD Yowari,” jelasnya.

RELATED POSTS
FOLLOW US