Resmi Terbentuk, Pj Bupati Tumiran Lantik Kepengurusan FKUB, LPPD, LP3KD dan LPTQ Puncak Jaya

Posted by : pembarua May 2, 2024 Tags : Papua , Puncak Jaya

MULIA-Pj. Bupati Puncak Jaya Dr. Tumiran, S.Sos.,M.AP resmi mengukuhkan Pengurus Forum Kerukunan Ummat Beragama (FKUB), Pengurus Lembaga Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejawi Daerah (LPPD), Pengurus Lembaga Pengembangan Pesta Paduan Suara Katolik Daerah (LP3KD) dan Pengurus Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ), bertempat di Aula Sasana Kawonak disaksikan Forkopimda dan sejumlah pemuka agama dan adat. Momen ini sendiri baru pertama kalinya dilakukan di Puncak Jaya dalam masa kepemimpinannya yang sementara.

Ditemui Pers, Pj. Bupati, Dr. Tumiran mengatakan bahwa sesuai dengan peraturan bersama Menteri yaitu Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 8 dan Nomor 9 tahun 2006, telah dijelaskan ada beberapa tugas yang harus dijalankan oleh lembaga, khususnya untuk membantu Pemerintah Daerah dalam memelihara kerukunan umat beragama di masing-masing Daerah.

“Kita telah melantik pengurus FKUB, LPPD, LP3KD dan juga LPTQ dengan tujuan untuk mengetahui tugas dan tanggungjawabnya masing-masing, khususnya dalam menyelesaikan suatu masalah antar umat beragama sekecil apapun yang dikhawatirkan menjadi pemicu pemecah persatuan dan kesatuan serta kerukunan yang sudah terjaga agar bisa dibicarakan dengan sebaik-baiknya,” bebernya.

Dirinya juga mengatakan bahwa semuanya ini kita bentuk untuk mengikuti event-event diluar Daerah.”Pengurus yang telah dilantik untuk tetap memperhatikan event-event diluar Daerah, agar kita Kabupaten Puncak Jaya tetap aktif mengikuti kegiatan dan membawa nama baik Pemerintah Daerah.” imbuhnya.

Ia juga berpesan agar lembaga yang telah dibentuk agar dapat bekerjasama, bekerja sama-sama dan sama-sama bekerja demi kerukunan dan prestasi dan prestise spiritual di Puncak Jaya. Pj Bupati juga berharap hal ini menjadi sejarah yang nantinya akan diteruskan oleh anak cucu dan generasi Puncak Jaya mendatang. Selain itu pihaknya berharap dala lembaga tersebut tidak membahas kepentingan politik maupun kelompok tertentu, sebaliknya sebagai wadah pemersatu masyarakat khususnya jelang Pemilukada nanti.

Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan Daud Wendamily, SH, M. KP mengungkapkan bahwa “Memang ada pengurus-pengurus seperti ini tetapi baru pertama kali Kabupaten Puncak Jaya melantik pengurus tersebut secara resmi dihadapan umum” Sebut Daud.

Dijelaskan juga bahwa LPPD dan LP3KD Kabupaten Puncak Jaya adalah lembaga resmi untuk membina generasi-generasi muda di Kabupaten Puncak Jaya untuk kedepannya melakukan pembinaan Pembinaan secara rohani kristiani dalam memuji dan memuliakan nama Tuhan.

“Sebagai informasi bahwa tahun ini juga rencananya ada pesparawi yang akan dilaksanakan di seluruh tanah Papua di Kabupaten Keerom. Dan saat ini kita sedang melakukan latihan untuk mempersiapkan diri mengikuti pesparawi tersebut. Saat ini kami melakukan latihan secara mendesak karena Pemerintah Daerah sudah mendukung kami sepenuhnya dalam pembiayaan untuk mengikuti lomba membawa nama Kabupaten” ujarnya.

Dirinya berharap agar kedepannya kita melakukan pembinaan baik tingkat Gereja maupun sekolah supaya dari jauh-jauh hari mereka mempersiapkan diri bernyanyi yang bagus dan benar.

Ditempat yang sama Temin Enumbi, S. Sos selaku salah satu pengurus yang dilantik menambahkan bahwa “Kami mengucap syukur kepada Tuhan, dimana selama ini kegiatan seperti ini kami belum pernah mengikuti tapi sekarang pengurusnya susah disahkan atau dikukuhkan jadi apapun tujuan terakhirnya kami akan menjalin kasih dalam iman dan persatuan yang luar biasa.” imbuh Temin yang juga Kepala Bappeda.

Kepala bagian kesra SETDA Tri Purnomo Tabuni, S. IP selepas acara menyampaikan bahwa acara pengukuhan forum kerukunan antar beragama dengan lembaga lainnya sejatinya dibentuk dengan tujuan mempererat tali silaturami antara sesama agama baik itu islam maupun kristen yang nasrani dan katolik.” Ujarnya. Pihaknya sendiri sebagai penyelenggara merasa bangga sebagai pionir yang mewujudkan hal itu.

Dirinya berharap agar pesparawi yang akan di ikuti dalam Tahun ini, agar Pemerintah Daerah tetap mendukung untuk kesuksesan pesparawi tersebut. “Dan untuk tahun-tahun yang akan datang agar pengurus yang telah dikukuhkan agar dapat memperhatikan apa yang telah disampaikan oleh Pj. Bupati ” pungkasnya

Dalam pada itu, Pj Bupati mengakui meskipun Kondisi Kabupaten Puncak Jaya mengalami kekurangan anggaran dalam hal pembiayaan lembaga tersebut akibat harus membiayai pesta demokrasi Pemilu, Pileg kemarin dan Pemilukada yang akan datang serta posisi berada di tengah tahun berjalan, pihaknya berharap pengurus jangan berkecil hati dan tetap bekerja sepenuh hati. Ia berharap rencananya akan dialokasikan pada tahun depan dengan memerintahkan kepada jajaran TAPD mendatang.(*)

RELATED POSTS
FOLLOW US