Program GASING Membawa Perubahan Bagi Anak-anak Generasi Penerus Nduga

Posted by : pembarua August 8, 2024 Tags : Nduga , Papua

KENYAM – Setelah melakukan MoU dengan Yayasan Teknologi Indonesia Jaya pada tanggal 25 Juli 2024 lalu dan menghadirkan tokoh pendidikan Prof. Yohanes Surya, Ph.D. Pelatihan dengan metode pendidikan GASING (Gampang, Asik, dan Menyenangkan) mulai dilakukan di Kab. Nduga.

10 hari setelah pelatihan, Pj Bupati Nduga Elai Giban, SE, MM menyambangi SD Inpres Kenyam untuk meninjau langsung aktivitas pelatihan yang diikuti oleh tanaga pendidik dan anak-anak di Kabupaten Nduga.

PJ Bupati mengaku cukup puas dengan hasilnya. Terjadi perubahan yg luar biasa dari para peserta pelatihan.

“Hari pertama pelatihan, saya sempat tes beberapa siswa dan mereka berikan jawaban yang salah. Namun hari ini saya tanyakn lagi pertanyaan yg sama, mereka sudah bisa menjawab dengan benar” terangnya

PJ Bupati Nduga Elay Giban menerangkan kurang lebih 10 hari tim GASING dan para guru melakukan perubahan yang cukup signifikan. Metode pembelajaran yang asyik dan menyenangkan membuat anak-anak mau dan betah melakukan pelatihan sehingga motivasi belajarnya juga tumbuh.

“Inilah hasil yang kami lihat, selama ini Nduga identik sebagai daerah konflik, tetapi saat ini anak-anak termotivasi dengan pelajar. Saya harap ini dapat terus berlanjut karena hasil hari ini sangat menentukan ” terangnya.

Dikatakan PJ Bupati, selama ini program pendidikan berjalan seperti biasa namun interaksi antara guru dan murid jarang, dengan adanya program GASING ini merubah pola cara pendidik memberikan ilmu kepada para siswa sehingga pelajaran mudah untuk ditangkap.

Lebih lanjut PJ Bupati berharap, untuk kemajuan pendidikan di Papua Pegunungan kedepannya Program Gasing ini dapat diambil alih oleh Provinsi Papua Pegunungan sehingga Kabupaten lainnya juga melaksanakan program Gasing ini

“Terimakasih buat tim GASING, saya berharap kedepan Pemerintah Papua Pengunungan dalam hal ini dinas pendidikan bisa mengambil ali program ini, sehingga kedepan akan muncul SDM yang baik di 8 Kabupaten di Provinsi Papua Pegunungan,” pungkasnya.

RELATED POSTS
FOLLOW US