TP-PKK Papua Tengah Laksanakan Berbagai Kegiatan Sambut HUT-RI, Mulai Sosialisasi Dampak Narkoba Hingga Peresmian Sumur

Posted by : pembarua August 13, 2024 Tags : Papua , Sumur

NABIRE- Dalam rangka memeriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Papua Tengah, melakukan serangkaian kegiatan bersama dengan berbagai stakeholder pemerintah dan masyarakat Kampung Sima.
kegiatan ini berlangsung di kampung sima distrik Yaur, Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah pada tanggal 10 agustus 2024. Stakeholder pemerintah yang ikut serta dalam kegiatan tersebut diantaranya tenaga medis dari Dinas kesehatan, anggota kepolisian, UMKM dan TP PKK kabupaten Nabire. Kegiatan ini dilakukan serempak oleh 4 pokja di TP PKK Provinsi Papua Tengah dan TP PKK kabupaten yang ada di Provinsi Papua Tengah.

Ada beberapa agenda kegiatan yang dilakukan oleh TP PKK Provinsi Papua Tengah yaitu :
Pokja 1 : Sosialisasi penanggulangan bahaya narkoba dan lem aibon bagi pemuda dan pelajar dikampung sima dan sosilisasi B2SA, Lomba menggambar dan mewarnai untuk meningkatkan kreativitas anak, pembagian alat tulis dan buku mewarnai sebanyak 120 paket,
Pokja 2 : Sosilisasi tentang UMKM serta bagaimana cara pembuatan abon Ikan
Pokja 3 : Pemberian makanan tambahan pada anak sekolah 116 anak. Pemberian bibit cabai kepada 121 KK serta pemberian sembako yang berisi beras 5kg, gula 1kg , tepung 1kg, minyak goreng 2liter dab telur 1 rak. Serta pemberian sayuran yabg berviariasi ada sawi, kacang panjang, bayam, kangkung, dan daun singkong bunga pepaya , bayam jumlah total 125 x 3 = 375 ikat.
Pokja 4 : Peresmian sumur, sosialisasi oleh PHBS anak usia sd kelas 1 s.d kelas 5, memberikan 100 paket mandi anak yang berisi sabun mandi, shampo, odol, handuk, sikat gigi, pelayanan pengobatan gratis bagi lamsia, pemeriksaan ibu hamil dan pemberian bingkisan ibu hamil dan pakat bayi new born serta pelayanan dokter spesialis anak oleh dr. Agnes retno wijayanti,Sp.anak serta memberikan tongkat untuk salah satu ibu dari kampung sima.

Ketua TP-PKK Provinsi Papua Tengah, Yosina Anwar Damanik mengatakan TP-PKK menggelar kegiatan dalam rangkat perayaan HUT RI. Kegiatan ini tidak hanya digelar di Kabupaten Nabire saja tetapi digelar diseluruh kabupaten Se-Provinsi Papua Tengah.

“Kami bersama TP-PKK Kabupaten Nabire menggelar kegiatan bersama-sama di Kampung Sima. Kegiatan ini kami dorong bukan hanya untuk merayakan peringatan kemerdekaan, tetapi juga untuk memberikan kontribusi secara langsung kepada masyarakat sesuai dengan program program pokok PKK. Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kampung Sima,” ungkapnya, Senin (12/8/2024).

Yosina Anwar Damanik menerangkan, Tema HUT Kemerdekaan RI, Nusantara Baru Indonesia Maju mengajak semua untuk terus berinovasi dan berkarya demi mewujudkan Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

“Sebagai organisasi yang bergerak di bidang pemberdayaan keluarga, TP-PKK memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan cita-cita tersebut. Dalam kesempatan ini, TP-PKK Provinsi Papua Tengah bersama TP-PKK Kabupaten Nabire menggerakkan seluruh pokja untuk menggelar kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat,” pungkasnya.

Adapun kegiatan yang digelar di Kampung Sima, kata Yosina Anwar Damanik antara lain, peresmian 2 titik sumur bantuan dari PKK untuk Kampung Sima. “Kami percaya bahwa akses air bersih merupakan hak dasar setiap manusia. Dengan adanya sumur ini, diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan memudahkan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari,” katanya.
Selain itu ada pemberian sembako, pemberian sayuran serta pemberian bibit cabe kepada Masyarakat di kampung sima diharapkan dapat sedikit membantu dalam memenuhi kebutuhan Masyarakat dikampung sima.

TP PKK Provinsi papua tengah juga bekerjasama dengan pihak kepolisian dalam kegiatan sosialisasi penanggulangan bahaya Narkoba dan Lem Aibon bagi Remaja dan Pemuda di Kampung Sima. Narkoba merupakan ancaman serius bagi generasi muda.

“Sesuai dengan arahan dari Ketua Umum PKK Pusat, melalui sosialisasi ini, kita berharap dapat memberikan pemahaman kepada para pemuda dan pelajar tentang bahaya narkoba dan cara mencegahnya. Sehingga generasi-generasi muda kita tidak dirusak karenanya dan Kampung Sima dapat mencetak generasi-generasi cemerlang bebas dari Narkoba,” katanya.

Yosina Anwar Damanik juga mengungkapkan, untuk anak-anak di Kampung Sima pihaknya menggelar lomba mewarnai dan menggambar. Kegiatan ini bertujuan untuk merangsang kreativitas anak-anak dan menanamkan rasa cinta terhadap tanah air.

“Ada juga sosialisasi Usaha Mikro Kecil & Menengah (UMKM) serta mempraktekkan bagaimana cara pembuatan Abon Ikan. UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Melalui sosialisasi ini, diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk mengembangkan usaha-usaha produktif yang memanfaatkan bahan baku ikan. Sehingga berdampak pada ekonomi keluarga,” pungkasnya.

Ia juga mengatakan Sosialisasi Makanan Bergizi Beragam Sehat dan Aman (B2SA) & Pemberian Paket Sembako & Paket Ibu Hamil juga menjadi salah satu kegiatan unggulan dilakukan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI. Makanan bergizi sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

“Melalui sosialisasi ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi makanan sehat dan beragam demi kesehatan keluarga. Lalu dilanjutkan dengan Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) & Pembagian bingkisan PHBS: Kesehatan merupakan aset yang paling berharga,” tuturnya.

Terakhir di Kampung Sima, TP-PKK menggelar pemeriksaan kesehatan gratis serta diberikan satu tongkat kepada 1 warga yang membutuhkan. Ia mengatakan kesehatan adalah investasi untuk masa depan.

“Pemeriksaan kesehatan gratis ini bertujuan untuk mendeteksi dini berbagai penyakit dan memberikan penanganan-penanganan yang tepat. Pemeriksaan kesehatan terdiri dari Pemeriksaan bagi Anak-anak, Ibu Hamil, Lansia, Dewasa, dan deteksi gratis Kusta & Malaria,” tuturnya.

Yosina mengucapkan terimaksih kepada Masyarakat dikampung sima yang sudah menerima kehadiran TP PKK Provinsi Papua Tengah dan meminta kepada masyarakat di Kampung Sima untuk menjadikan momentum peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI ini sebagai titik awal untuk membangun Kampung Sima yang lebih maju dan sejahtera. “Mari kita bersatu padu bekerjasama mewujudkan cita cita luhur untuk membangun bangsa dan negara dengan diawali kita membangun keluarga yang sehat sejahtera di kampung sima ,” lugasnya. (*)

RELATED POSTS
FOLLOW US