4 Kominitas Peduli Lingkungan Bersihkan Sampah di Bukit Tungkuwiri Doyo Lama,

Posted by : pembarua October 8, 2023 Tags : sampah , Sentani

SENTANI – Kegiatan Grebek sampah yang dilakukan oleh 4 komunitas yakni Papua Trada Sampah, Beleng-Beleng Squad, Earth Hour Jayapura dan Komunitas Tuli Jayapura di Bukit Tungkuwiri Doyo Lama, Sabtu (7/10/2023) berhasil mengumpulkan sampah 170 Kg. Tempat wisata yang terkenal di kabupaten Jayapura ini nampaknya tak terurus kebersihannya.

Koordinator Papua Trada Sampah, Dina Danomira mengatakan tempat wisata ini harus dijaga kebersihannya apalagi setiap Minggu lokasi ini selalu ramai oleh pengunjung lokal maupun diluar Papua.
“Kami juga sampaikan ke pengunjung dan pedagang untuk ikut menjaga dengan tidak membuang sampah sembarangan,” katanya.

Pemda setempat, kata dia, harus lebih rutin membersihkan lokasi ini, kalau perlu libatkan warga sekitar untuk ikut menjaga.
“Saya pikir lokasi ini juga ada pungutan biaya masuk, nah itu dimanfaatkan juga untuk persoalan sampah,” sindirnya.

Senada disampaikan Ketua Komunitas Beleng-beleng Squad, Hasbi S Rahman, kesadaran pengunjung untuk membuang sampah pada tempatnya masih rendah, padahal sudah disediakan tempat sampah. “Kembali lagi dimana ada manusia disitu ada sampah, dan kebiasaan ini harus diubah,” ungkapnya.

Sekadar diketahui, dari hasil clean up selama 1 jam, mereka berhasil mengumpulkan 13 kantong sampah dengan berat 170,8 kg. (Ikbal/gin)

RELATED POSTS
FOLLOW US