Bersihkan Kali Anafre dan Perkenalkan World Cleanup Day di Papua

Posted by : pembarua August 13, 2023

JAYAPURA-World Cleanup Day merupakan aksi bersih-bersih yang dilaksanakan serentak saat ini terhitung bersama kurang lebih 193 negara di dunia. World Cleanup Day Indonesia diperkenalkan oleh Let’s Do It Indonesia (Yayasan Lestari Dari Indonesia) yang merupakan organisasi di bawah naungan Let’s Do It World Movement pada tahun 2014.

Di Indonesia aksi World Cleanup Day sukses dilaksanakan pada 38 provinsi Indonesia salah 1 nya di Provinsi Papua dengan menggandeng konten kreator (kak ochy) dan berbagai komunitas lain dalam rangka hari konservasi alam nasional tanggal 10 Agustus dan menyambut hari kemerdekaan RI ke78 Tahun.

Sebagai bentuk perkenalan Core Tim Wilayah Papua, Max Maniagasi selaku Leader memperkenalkan core tim Papua yang akan menjadi penggerak World Cleanup Day Provinsi Papua, menjelaskan bahwa sangat apresiasi  akan semangat generasi muda yang benar benar peduli akan masalah sampah, sehingga akan berkolaborasi dengan berbagai pihak dan mengajak seluruh warga kota Jayapura untuk turut partisipasi dalam aksi selanjutnya.

Selain itu, Nancy Yoafifi  selaku Co.Leader menjelaskan bahwa Aksi yang dilakukan hari ini selain merayakan dan menyambut moment penting , tetapi juga perkenalan WCD dan sekaligus mengajak Masyarakat kota Jayapura untuk terlibat secara langsung sebagai relawan Aksi bersih-bersih yang akan dilakukan serentak di Indonesia pada tanggal 17 september 2023.

“Hari ini, kami mengumpulkan 50 Jumbo bag (karung sampah) dan masih ada sampah lagi yang tidak terakomodir karena keterbatasan alat (karung), melihat sampah-sampah yang masih sangat banyak di kali Anafre,”Katanya.

 Nancy Yoafifi berharap agak warga sekitar yang masih membuang sampah ke kali dan pengguna jalanya yang suka buang sampah sembarangan untuk lebih peka dan peduli akan lingkungan serta banyak membaca dan mempelajari bahaya dari sampah yang tidak terkontrol

Dina Danimora sebagai ketua komunitas Papua trada sampah (PTS) pun berharap agar Masyarakat yang merantau di Jayapura agar mencintai kota dengan Tindakan kecil yang dapat berdampak besar untuk kenyamanan dan kebersihan kota Jayapura.(gin)

RELATED POSTS
FOLLOW US