Buka Lomba Utsawa Dharma Gita, Bupati Gusbager: Tunjukkan Bakat Terbaik dan Bawa Nama Baik Keerom

Posted by : pembarua September 9, 2023

ARSO-Bupati Keerom membuka acara Utsawa Dharma Gita Tingkat Kabupaten Keerom yang ke-4 tahun 2023 di Wantilan Pura Jagat Natha Arso XII Distrik Skanto. Dalam acara tersebut, Binmas Hindu Kemenag Kabupaten Keerom dan unsur pimpinan DPRD Kabupaten Keerom, dan Ketua Dharma Wanita Kabupaten Keerom turut hadir untuk memberikan dukungan.

Utsawa Dharma Gita merupakan kegiatan rutin di bawah Parasida Hindu Dharma Indonesia (PHDI) dan Kemenag yang dilaksanakan di seluruh Indonesia setiap tiga tahun sekali. Bupati Gusbager berharap kegiatan ini dapat mendapatkan peserta lomba yang layak dan maju ke tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan di Timika.

Bupati Gusbager juga berharap para peserta dapat menunjukkan bakat yang dimiliki sehingga membawa nama baik Kabupaten Keerom di tingkat Provinsi. Pada pergelaran sebelumnya pada tahun 2020, Pemda Keerom juga memberikan dukungan moril dan materiil secara langsung.

“Hari ini saya membuka secara resmi Utsawa Dharma Gita yang ke empat Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Keerom yang dihadiri oleh Binmas Hindu Kemenag Kabupaten Keerom, Unsur pimpinan DPRD Kabupaten Keerom yang semuanya kami hadir untuk memberikan dukungan,”Ungkap Bupati Gusbager.

Ketua Panitia kegiatan Utsawa Dharma Gita Tingkat Kabupaten Keerom Tahun 2023, Kadek Aryadi, menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan UDG Kabupaten Keerom yang ke-5 tahun 2023 akan dilaksanakan di Kampung Traimelyan, Pura Jagat Natha pada 9-10 September 2023. Peserta lomba Utsawa Dharma Gita berasal dari tiga kampung di Kabupaten Keerom, yaitu Kampung Arsopura, Kampung Traimelyan, dan Kampung Yaturaharja.

Jenis kegiatan lomba yang dilaksanakan meliputi:

  • Pembacaan Sloka Pasangan Anak Putra dan Putri
  • Pembacaan Sloka Pasangan Remaja Putra dan Putri
  • Pembacaan Sloka Pasangan Dewasa Putra dan Putri
  • Pembacaan Palawakya Pasangan Remaja Putra dan Putri
  • Pembacaan Palawakya Pasangan Dewasa Putra dan Putri
  • Pembacaan Kakawin Pasangan Remaja Putra dan Putri
  • Pembacaan Kakawin Pasangan Dewasa Putra dan Putri
  • Lomba Darmawacana Remaja Putri
  • Lomba Nyanyian Keagamaan Hindu

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini seluruhnya berjumlah 45 orang dari 16 kategori. Kadek Aryadi berharap lembaga Utsawa Dharma Gita dapat lebih berperan aktif untuk melaksanakan pembinaan kepada umat Hindu Kabupaten Keerom. Oleh karena itu, ia meminta perhatian dan dukungan dari Pemerintah Daerah, terutama Bapak Bupati Kabupaten Keerom, dalam hal pembinaan dan pendanaan.

Pada acara tersebut, Bupati Keerom memberikan bantuan sebesar Rp 50 juta untuk kegiatan lomba Utsawa Dharma Gita Kabupaten Keerom. Ia juga mengharapkan agar Pembimas Hindu dan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Keerom tetap bersedia membimbing dan mengayomi umat Hindu di Kabupaten Keerom.(gin)

RELATED POSTS
FOLLOW US