Buka Turnamen Futsal, Irjen Fakhiri: Atlet Papua Harus Tumbuh, Berkembang dan Diberikan Pembinaan Yang Baik

Posted by : pembarua June 7, 2024 Tags : JAYAPURA , Papua , Sentani

SENTANI-Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri SIK Secara resmi membuka kegiatan Turnamen Futsal Garuda Atamali Cup 1
Dalam rangka memyambut Hut Bhayangakara, Hut RI dan Hut Lapangan Futsal Garuda Atamali yang ke-5 di Kampung Atamali. Distrik Ebungfauw, Kabupaten Jayapura pada Jumat (7/6).

Kapolda Papua mengatakan kegiatan masyarakat dalam hal ini pemuda yang sangat positif. Kegiatan tersebut juga sebagai memperingati hari Polri juga sedang menggelar berbagai kegiatan dalam rangka menyambut Hut Bhayangkara 1 Juli 2024 mendatang.

“Sebagai Kapolda saya berterima kasih karena telah diundang untuk hadir disini. Saya berharap kegiatan turnamen futsal maupun olahraga lainnya seperti volly juga sepakabola bisa digelar di semua distrik dan kampung di Kabupaten Jayapura ini khususnya dan Papua pada umumnya,”Ungkapnya.

“Sehingga seluruh anak-anak muda di Papua melakukan kegiatan positif dan hal-hal yang berbau kejahatan perbuatan kriminal itu tentunya akan berkurang karena mereka akan fokus dalam turnamen olaharga tersebut,”Tambahnya.

Selain itu menurutnya Provinsi Papua telah dicanangkan sebagai Provinsi Olaharga. “Kalau generasi muda bisa membuat satu pertandingan, mulai dari Kampung hingga tingkat daerah tentunya ini sangat baik mengembangkan potensi atlet-atlet olahraga di Papua sejak dini”Tegasnya.

Ia mengaku sangat disayangkan jika Provinsi Papua dikatakan provinsi olahraga, tapi atletnya tidak tumbuh, tidak punya dasar, pembinaan yang baik sejak dini harus diperhatikan dengan baik. “Sehingga dengan pola kegiatan ini sangat positif. Kita dari Polri bisa mendorong membantu sehingga nanti kita bukan hanya jadi Provinsi olahraga, tapi atlet-atlet kita bisa berlaga di tingkat nasional bahkan internasional,”Bebernya.

Polda Papua juga akan membuat berbagai kegiatan yang mendukung kreativitas anak muda Papua atau generasi millenial dan gen-z
Seperti lomba tarian daerah (yospan), lomba menganyam noken, lomba menggambar mural, dan berbagai lomba lainnya.

“Nanti saya minta masing masing Polres bisa berkreatif. Sehingga diharapkan anak anak Gen-Z memiliki wadah atau tempat untuk mengembangkan kreatifitas mereka dengan mengikui lomba lomba tersebut,”Harapnya.

Fakhiri berharap makin banyak masyarakat anak-anak muda milenial yang turut berpartisipasi dalam HUT Bhayangkara akan membuktikan bahwa masyarakat makin mencintai Polri,”Pungkasnya.

Sementara itu Ketua Pemuda sekaligus Ketua Panitia urnamen Futsal Garuda Atamali Cup 1, Dion Liboy mengatakan Turnamen Futsal pertama yang digelar di kampung atamali dalam rangka Hut 17 Agustus dan juga dalam rangka HUT Bhayangkara dan Hut Lapangan Futsal yang ke-5. Oleh sebab itu Ia sangat berterima kasih dengan Kapolda yang langsung merespon kegiatan turnamen ini dan menjadi sponsor utama.

“Kami bersyukur bahwa Tuhan jawab doa-doa kami, dan akhirnya bisa hadiri disini sebagai sponsor tunggal turnamen ini
Turnamen ini diikuti sebanyak 64 tim putra dengan melakukan pertandingan setengah kompetisi sedangkan tim putri ada 32 tim. kegiatan ini dilakukan secara swadaya masyarakat dan pemuda pemudi bekerjasama untuk mensukseskan turnamen ini,”Pungkasnya.

Ondoafi Kampung Atamali, Septinus Ibo menyampaikan terima kasih atas kehadiran Kapolda yang untuk pertama kalinya bisa hadir di Kampung Atamali.

“Tadi waktu saya sambut bapa Kapolda dan rombongan di dermaga, saya sempat bilang nanti kalau bapak jadi Gubernur, tolong dibantu dermaga ini bisa lebih diperpanjang. Sehingga kapal besar bisa sandar,”Ucap Ondoafi

“Saya sangat berharap masyarakat di kampung ini bisa selalu bersama sama dengan bapak Kapolda dan bapak Kapolres, melalui dorang setan juga takut. Atas nama masyarakat saya mengucapkan terima kasih,” Pungkasnya.

RELATED POSTS
FOLLOW US