Cegah Inflasi, Pemda Gelar Operasi Pasar Murah yang Ramai Dipadati Masyarakat Puncak Jaya

Posted by : pembarua July 10, 2024 Tags : Pasar , Puncak Jaya

MULIA- Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya kembali mengelar pasar murah, untuk mencegah inflasi daerah di Kabupaten Puncak Jaya. Bertempat di Kantor Distrik Pagaleme, Rabu (10/07).

Sejak pagi, masyarakat mulai memadati Halaman Kantor Distrik Pagaleme yang sangat antusias untuk berbelanja di pasar murah.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Dinas Koperasi, Ukm, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan. Selain itu sembako yang dijual juga merupakan hasil kerjasama dengan toko dan distributor besar yakni Toko Ana Ogi, Sejahtera, H2 Jaya, Alvairin, Toba Jaya, Anjuk Ladang, Maju Mapan, Rukun Makmur, dst.

Perlu diketahui bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menstabilkan harga pangan dan stok pangan serta pencegahan inflasi. Adapun stok yang disediakan dalam kegiatan hari ini lebih banyak dibanding stok pangan pasar murah sebelumnya.

Kegiatan ikut dihadiri Dandim 1714/PJ Letkol Inf. Irawan Setia Kusuma dan Wakapolres Kompol Syarifuddin Ahmad dan Perwakilan TP PKK dan Kepala Distrik Pagaleme Yatinus Wonda, SSTP.

Kegiatan dibuka langsung Asisten Bidang Administrasi Umum selaku Plh. Sekda. Ditemui oleh media mewakili Pj. Bupati, Plh. Sekda Ordianto Baruri, S.Pt mengatakan, “Kami Mewakili Pj. Bupati dan Pj. Sekda untuk membuka Operasi Pasar Murah. Operasi pasar murah adalah suatu kegiatan dalam program penanganan inflasi daerah, kebijakan dari Pj. Sekda selaku ketua TPID dan TKPK kabupaten Puncak Jaya yang didukung oleh Pj. Bupati agar segera dilaksanakan operasi pasar murah dirinya berharap semoga semua bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan target yang ditentukan” ucapnya.

Kegiatan ini menurutnya sangat membantu masyarakat dalam menekan harga-harga yang naik tinggi di Puncak Jaya karena memang pada awalnya dipengaruhi biaya angkut yang sudah tinggi.

Sekretaris Dinas, Agustinus Payung mengatakan kegiatan ini sebaiknya dilaksanakan secara rutin 1 bulan sekali atau 3 bulan sekali pada saat terjadi kenaikan inflasi di daerah tujuanya adalah menstabilkan harga-harga barang yang ada di Kabupaten Puncak Jaya.

Pihaknya juga mengatakan “Saat ini ada Program Beras SPHP sedangkan beras pemerintah yang diberikan dari pusat untuk didistribustikan di seluruh kabupaten/kota di seluruh indonesia dengan harga yang murah jadi dalam beras SPHP ini 5 kilo kami jual Rp.10.000 perkilo, semoga bisa membantu masyarakat dalam hal penyediaan beras di Kabupaten Puncak Jaya.”Ujarnya.

Ditempat yang sama mewakili masyarakat Deli Wonda menyampaikan “Terima kasih banyak kepada Pemerintah dan Pemda Puncak Jaya yang sudah mengadakan pasar murah. Pasar murah adalah upaya untuk membantu mendukung daya beli masyarakat ekonomi lemah” katanya.

Pihaknya berharap kegiatan ini rutin diadakan oleh pemerintah daerah dan bukan sesekali. masyarakat antusias untuk mendapatkan sejumlah sembako yang ditawarkan meliputi Beras, Minyak goreng, Telur, Susu Kaleng, Mie Instan dan bumbu dapur dengan harga yang miring. (naya)

RELATED POSTS
FOLLOW US