Danrem 172/PWY: Bencana Tidak Bisa Diprediksi, Lumbung Sosial Salah Satu Solusi Percepat Bantuan

Posted by : pembarua October 25, 2023 Tags : Lumbung Sosial

JAYAPURA-Komandan Komando Resor Militer 172/Praja Wira Yakthi, Brigjen Inf Dedi Hardono menegaskan bahwa SIP mengapresiasi dan mendukung upaya dalam pembentukan lumbung sosial oleh Kementerian Sosial melalui Balai Besar Kemensos RI Regional VI Papua – Maluku yang ada di Wilayah Korem 172 PWY yakni di Kabupaten Yahukimo dan Lanny Jaya.

“Wilayah kami yang ada di Papua Pegunungan tentu sangat rawan dengan bencana alam atau non alam yakni konflik sosial yang tidak dapat diprediksi kapan terjadinya dan seperti yang baru-baru ini terjadi,”Katanya saat selesai menerima kunjungan kerja Balai Besar Kemensos RI Regional VI Papua – Maluku di Makorem 172/WYJ pada Senin (23/10/2023)

Ia menambahkan lumbung sosial adalah langkah yang baik dan ia menegaskan bila diperlukan dan memungkinkan disetiap wilayah Kabupaten yang hanya dapat dijangkau oleh pesawat hendaknya ada lumbung sosial.

 

“Kami berharap ada di setiap wilayah yang hanya bisa dijangkau dengan pesawat sehingga bila terjadi bencana droping bantuan saat terjadi bencana dengan cepat dapat dilakukan jika terjadi bencana alam dan bencana non alam,”Tegasnya.

 

Danrem mengakui selama ini pihaknya selalu berkontribusi dalam memberikan dan menyalurkan bantuan saat ada bencana alam atau non alam di daerahnya yang selama ini cukup memakan waktu bila pengiriman menunggu dari Jayapura bahkan dari Pusat. Oleh sebab itu bila ada Lumbung Sosial disetiap daerah tentu akan memperpendek jarak penyaluran dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar kepada korban bencana.

 

“Dengan adanya lumbung sosial yang dibentuk ini akan membantu karena bila ada bencana tidak perlu menunggu lagi dari Jayapura dan Jakarta untuk memenuhi kebutuhan dasar korban bencana,”Pungkasnya.

 

Sementara itu Kepala Balai Besar Sosial Republik Indonesoa Regional VI Papua Maluku Jhon H. Mempioper berterima kasih kepada pihak TNI dalam hal Korem 172/PWY yang telah menyambut baik pembentukan lumbung sosial diwilayahnya.

 

Latar belakang pentingnya proyek ini adalah karena wilayah kerja Balai Besar Kemensos RI Regional VI karena dibeberapa wilayahnya memiliki posisi strategis secara geografis, resiko bencana tinggi yakni Papua – Maluku rawan bencana gempabumi, tsunami dan lainnya, bencana bukan saja dari bencana alam ada juga bencana non alam yakni bencana sosial.

 

Dengan latar belakang tersebut dibutuhkan langkah strategis yakni pelayanan darurat bagi korban bencana, perlu disikapi dalam rangka meminimalisir resiko munculnya berbagai permasalahan sosial lain pasca bencana seperti konflik sosial dan keterlantaran, percepatan pemenuhan kebutuhan dasar bagi korban bencana, pembentukan lumbung sosial di 4 Provinsi DOB di Tanah Papua termasuk di wilayah Korem 172/PWY. Lumbung sosial juga mempercepat dan memangkas waktu tempuh distribusi logistik bantuan korban bencana sehingga lebih cepat.(gin)

RELATED POSTS
FOLLOW US