Dinkes Jayawijaya Butuhkan Bantuan SDM Kesehatan dari Pemprov Papua Pegunungan

Posted by : pembarua March 19, 2024 Tags : Dinkes , Papua , Wamena

WAMENA-Terkait kunjungan Penjabat Gubernur Papua Pegunungan dan juga Penjabat Bupati Jayawijaya ke Rumah Sakit Pratama Kimbim Distrik Asologaima beberapa waktu laluyang mana secara regulasi memang seharusnya RS tersebut

Terkait kunjungan Penjabat Gubernur Papua Pegunungan dan juga Penjabat Bupati Jayawijaya ke Rumah Sakit Pratama Kimbim Distrik Asologaima beberapa waktu lalu, RS tersebut masih belum beroperasi sesuai dengan regulasi.

sudah berjalan, Namun yang mana hingga saat ini rumah sakit tersebut belum beroperasi atau berjalan.

Kementerian Kesehatan sebenarnya dapat memberikan bantuan ke rumah sakit tersebut, namun salah satu syaratnya adalah rumah sakit tersebut harus beroperasi terlebih dahulu. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Jayawijaya Provinsi Papua Pegunungan dr. Willy E Mambieuw SpB, Senin (18/3/2024).

Kadis Kesehatan Jayawijaya menegaskan, di rumah sakit tersebut untuk peralatan kesehatannya semua telah tersedia, namun hanya SDMnya saja yang belum ada termasuk perawat.

“Peralatan kesehatan sudah tersedia hanya saja kita masih membutuhkan SDMnya untuk pengoprasiannya agar dapat berjalan dan melayani masyarakat,”Katanya.

Ia menjelaskan, hingga saat ini jumlah perawat masih sangat kurang di Kabupaten Jayawijaya, hal ini disebabkan karena ada beberapa Rumah Sakit dan juga Puskesmas yang sudah dibangun, namun tenaganya masih sangat minim atau kurang, sehingga pihaknya sangat berharap hal tersebut dapat dilakukan kerjasama dengan cara sebagian dapat ditangani oleh Kabupaten dan juga Pemprov Papua Pegunungan, sebab masalah tersebut memang perlu diperhatikan, agar bangunan yang ada saat ini dan yang telah dibangun bisa difungsikan, sehingga pelayanan kesehatan kepada masyarakat juga bisa berjalan dengan baik.

Saat ini ada tiga Distrik yang sedang membangun Puskesmas yakni Distrik Trikora, Wame, dan juga Walaik, sehingga dr. Willy Mambieuw menambahkan, nantinya sebelum pembangunan Puskesmas tersebut selesai, diharapkan Pemprov Papua Pegunungan bisa membantu dalam pengadaan tenaga kesehatan, yang nantinya dapat ditempatkan di wilayah-wilayah tersebut.

“Kita berharap Pemrov Papua dapat membantu dalam penyediaan tenaga kesehatan di Jayawijaya,”Pungkasnya.(gin)

RELATED POSTS
FOLLOW US