Kalahkan Provinsi Lainnya, Mobil Hias Motif Honai Papua Pegunungan Jadi Juara Satu

Posted by : pembarua May 19, 2024 Tags : NABIRE , Papua , Papua Pegunungan

SOLO-Sebagai Provinsi baru, Dewan Kerajinan Nasional (Dekrasnas) Daerah Provinsi Papua Pegunungan, menghadiri Hari Ulang Tahun ke 44 dan peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) ke-52 Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sejak 14 – 18 Mei 2024 di Solo, Jawa Tengah.

Pada rangkaian acara HUT Dekranas dan HUT PKK ini, delegasi Dekranas Papua Pegunungan meraih juara pertama dalam parade mobil hias dengan desan honai yang unik, dilaksanakan pada Rabu (15/5/2024) sore.

Desain yang unik dengan tampilan natural seperti honai, gunung, pohon dan menara pengintai perang menimbulkan daya tarik tim juri dan ribuan penonton di sepanjang jalan utama kota Solo. Demikian pula, mobil hias diiringi oleh sejumlah model asal Papua dengan gaun noken asli Papua Pegunungan dan musik wisisi yang khas Pegunungan.

Parade mobil Hias, Kriya, dan Budaya Berhasil Menorehkan catatan rekor Muri (Museum Rekor-Dunia Indonesia) karena memiliki jumlah peserta terbanyak. Parade mobil hias, kriya, dan budaya yang melibatkan sebanyak 20 kereta kuda atau biolet hias, 102 mobil hias, kriya, dan budaya, serta lebih dari 1.200 peserta jalan kaki yang merupakan ibu-ibu PKK se-Indonesia dengan mengenakan pakaian adatnya masing-masing.

Berikut daftar pemenang lomba parade mobil hias, kriya, dan budaya:

Juara harapan 3 Nusa Tenggara Barat
Juara harapan 2 Kabupaten Kapuas Hulu
Juara harapan 1 Papua Selatan
Juara 3 Kota Solo
Juara 2 Kabupaten Barito Timur
Juara 1 Papua Pegunungan
Juara Favorit : Piala dari Ketua Umum Dekranas Kalimantan Selatan
Juara Umum: Sumatra Selatan.

RELATED POSTS
FOLLOW US