Kodim 1705/Nabire Kerahkan Pasukannya Bersihkan Pasar Karang Tumaritis

Posted by : pembarua December 7, 2023 Tags : NABIRE , Papua Tengah , Pasar

NABIRE- Kodim 1705/Nbr mengerahkan ratusan personilnya ke Pasar Karang Tumaritis, Kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah. Pengerahan pasukan itu dilakukan dalam rangka kegiatan gotong royong kebersihan di lingkungan sekitar pasar menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, Kamis (7/12/2023).

 

Kasdim 1705/Nabire Mayor Inf Al Muttaqin S.A.P., M.M mengungkapkan kehadiran ratusan personal TNI di Pasar Karang Tumaritis ini dalam rangka giat gotong rotong kebersihan yang melibatkan seluruh korps TNI yang ada di Kabupaten Nabire dan Polri serta Masyarakat.

 

“Kegiatan ini dalam rangka kegiatan bersih-bersih pasar yang dilaksanakan jajaan Kodim Se-Indonesia menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Tentu kegiatan bersih-bersih ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih sekaligus mencegah terjadinya banjir akibat tersumbatnya gorong-gorong atau sanitasi dikarenakan penumpukan sampah,” jelasnya usai kegiatan.

 

Ia mengatakan dipilihnya Pasar Karang Tumaritis ini, lantaran Pasar Karang salah satu yang terbesar Pasar di Kabupaten Nabire dan daerah ini juga padat penduduk, sehingga perlu dilakukan gerakan bersama untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

 

“Aksi bersih-bersih masal dalam mendukung kebersihan lingkungan demi teriptanya masyarakat yang sehat. Dengan kondisi pasar yang sehat tentu membuat pembeli nyaman untuk mengunjungi pasar dam berinteraksi dengan para pedagang,” tutur Mayor Muttaqin.

 

Mayor Muttaqin menuturkan personilnya datang ke pasar dengan membawa peralatan kebersihan untuk membersihkan area pasar, memunguti sampah yang tidak terurus, membersihkan tanaman liar, membersihkan got tersumbat yang dapat menimbulkan bau tidak sedap, hingga dapat menjadi sumber penyakit.

 

“Tentu kami juga berharap dengan lingkungan pasar yang bersih membuat pengunjung ke pasar semakin tinggi dan perputaran ekonomi meningkat. Selain itu dengan lingkungan pasar yang bersih, menjadi langkawa awal terciptanya hidup sehat,” pungkasnya.

 

Mayor Muttaqin menambahkan bersih-bersih ini menggunakan 2 alat berat dan 4 mobil truk. Pihaknya berterima kasih atas partisipasi Lanal Nabire, Pos Pas Pasgat TNI AU, Yonif RK 753, Denzipur 12/OHH, Satpol PP Nabire, Polri, dan unsur masyarakat yang terlibat dalam kegiatan ini.

 

“Sampah yang terkumpul sebanyak 6 mobil truk sampah. Sekali lagi kami berharap kita bersama-sama kita menjaga lingkungan kita untuk bersih, sehingga kita bisa hidup sehat,” tutupnya.

 

Sementara itu salah seorang pedagan, Yohana Kotoki mengucapkan terima kasih kepada TNI, yang sudah mau meluangkan waktu dan tenaga untuk membersihkan Pasar Karang. Ia berharap jalan raya tidak lagi digunakan sebagai lokasi pembuangan sampah.

 

“Kami sebagai pedagang berharap kedepan dilarang buang sampah di jalan raya, karena sangat menganggu sekali. Kita ingin agar pasar ini terus bersih, sehingga para pengunjung akan senang datang ke pasar ini,” katanya.

 

Sedangkan masyarakat pengunjung pasar, Alpius mengatakan apa yang dilakukan Kodim merupakan sebuah langkah yang baik bagi masyarakat. Apalagi di Pasar Karang ini sudah turun temurun diabaikan begitu saja.

“Kami ucapkan terima kasih karena Kodim sudah berinisiatif untuk mengerakan seluruh komponen masyarakat untuk membersihkan masalah sampah yang sudah turun temurun dipasar karang ini. Kami harap kegiatan ini dapaat berlanjut terus, dan mohon kepada seluruh pedagang agar tidak buang sampah lagi dipinggir jalan. Kalau pasar bersih kami pengunjung juga nyaman berbelanja di pasarm” tegasnya.(*)

RELATED POSTS
FOLLOW US