Masih Musim Penghujan, BPBD Puncak Jaya: Masyarakat di Daerah Aliran Sungai Harus Tetap Berhati-hati

Posted by : pembarua May 17, 2024 Tags : NABIRE , Papua , Puncakjaya

MULIA- Ditemui pers, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Puncak Jaya, Matius Kiwo, SE, M. Si menyampaikan agar masyarakat Puncak Jaya untuk waspada. Statement tersebut disampaikan pada. Rabu (15/04).

“Sejak memasuki Tahun 2024 kami diancam oleh berbagai bencana alam, seperti tanah longsor dan banjir bandang yang terjadi dibeberapa Distrik yakni Distrik Gurage, Tingginambut, Nioga, Mulia dan Irimuli.”Ujarnya.

Ia menambahkan “Pada tanggal 4-14 Mei telah terjadi musibah yang sama terutama jalan aset nasional dari Wamena-Mulia. Setelah di kerjakan oleh PT. Moderen sekitar tiga hari namun terjadi musibah longsor kembali.” ungkapnya.

Lanjut, dengan kondisi seperti ini Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada dan berhati-hati terutama masyarakat di Daerah Aliran Sungai (DAS). “Bagi 27 Distrik untuk tetap melakukan aktivitas di siang hari dan apabila sudah mulai hujan agar segera kembali ke rumah masing-masing demi keselamatan, karena saat ini alam mulai mengancam kita manusia. Oleh sebab itu, mari kita sama-sama tetap menjaga hutan, tidak membakar hutan lagi secara liar,” imbau yang akrab disapa Kiwo.

Hal ini sejalan arahan BMKG, memasuki Tahun 2024 kondisi di Papua sangat ekstrim/tinggi, untuk itu kita harus tetap waspada secara khusus masyarakat yang tinggal dibawah gunung atau pinggir sungai untuk tetap berhati-hati saat sedang hujan.

Dirinya menceritakan bahwa pada bulan Februari 2024 telah terjadi tanah longsor dan banjir di Kampung Pilia serta Kampung Nagu dan mengakibatkan 2 (dua) orang pemuda hanyut.

Kiwo melanjutkan Pada Bulan Maret dan April telah terjadi banjir yang sama dan kami sudah laporkan kepada Provinsi Papua Tengah dan BNPB pusat dan sampai saat ini masih menunggu jawaban.

Dirinya mengungkapkan bahwa Pemerintah Puncak Jaya sudah menelusuri tempat-tempat yang terjadi musibah banjir seperti rumah, kebun,ternak dan lainnya. “Kami sudah ketemu masyarakat setempat dan dalam waktu dekat ini akan memberikan bantuan yang akan disalurkan di Distrik Tingginambut bahkan Gurage, kampung Pilia, Nagu, Menia,” tuturnya (*).

RELATED POSTS
FOLLOW US