Noken Pegunungan Menjadi Magnet dalam Pameran HUT ke 44 Dekranas dan HKG PKK di Solo, Jawa Tenga

Posted by : pembarua May 19, 2024 Tags : Papua , PKK , Wamena

SOLO – Pj. Ketua Dekranasda yang juga PJ Ketua PKK Provinsi Papua Pegunungan,Ny. Herwin Wanggai menekankan pentingnya inovasi dan kreativitas bagi pelaku UKM untuk meningkatkan daya saing di pasar global. Hal ini disampaikan dalam puncak peringatan Hari Ulang Tahun Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke-44 yang dihadiri Ibu Negara Republik Indonesia (RI) Iriana Joko Widodo di Solo, Jawa Tengah, Rabu (15/5/2024).

Acara tersebut dimeriahkan dengan pameran produk UKM dari berbagai provinsi di Indonesia yang digelar di Pura Mangkunegaran, serta parade mobil hias. “Kami terus berupaya memberikan pendampingan dan bantuan melalui program pemberdayaan. Ini adalah kesempatan emas bagi produk-produk UKM Papua Pegunungan untuk dikenal lebih luas, baik di dalam maupun luar negeri”, urai Herwin Wanggai.

Dalam event ini, Dekranasda Papua Pegunungan turut serta memamerkan berbagai produk kerajinan lokal yang ada di Papua Pegunungan. Di antaranya adalah kerajinan Noken, kerajinan gelang sekan, batik Papua dari perajin yang ada di Papua Pegunungan. “Kami membawa kriya unggulan yang ada di Papua Pegunungan,” ungkap Herwin Wanggai. Selain membuka stan pameran, Dekranasda Papua Pegunungan juga mengikuti parade mobil hias yang menampilkan kekayaan kriya dan budaya lokal dari Papua Pegunungan. Parade dimulai dari stadion Sriwedari dan finish di Pura Mangkunegaran. Dengan tema ‘Bangga Kriya dan Budaya Indonesia’, parade mobil menjadi salah satu atraksi utama di acara tersebut. Dalam parade Mobil Hias ini Papua Pegunungan tampil sebagai jura 1.

“Penampilan mobil kita sangat unik karena menampilkan budaya dari Papua Pegunungan asli sehingga di anggap oleh juri sebagai keunikan. Bersyukur karena dari 33 Provinsi yang mengikuti lomba parade mobil hias Papua Pegunungan masuk dalam nominasi”Tambahnya

Herwin berharap keikutsertaan dalam event ini dapat memperluas jangkauan pasar dan mengenalkan lebih jauh produk-produk kerajinan Papua Pegunungan kepada masyarakat. “Event ini sangat baik karena diikuti oleh seluruh provinsi di Indonesia, memberikan kesempatan bagi Provinsi Papua Pegunungan untuk mempromosikan produk UKM-nya”.

Ke depan, Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan memberikan perhatian serius atas kekayaan peradaban masyarakat Papua Pegunungan seperti noken yang telah diakui UNESCO. Menurut, Pj Gubernur Papua Pegunungan, Velix Wanggai, noken tidak hanya sebagai benda yang memiliki nilai sosial, nilai kemanusiaan dan nilai ekonomi, namun noken diadaptasi dalam konteks kekinian dalam dunia fashion oleh para desainer asal Pegunungan. Kini, noken pun dikemas dalam even nasional yakni Noken Street Fashion 2024 sebagai agenda Karisma Even Nasional (KEN) 2024.

RELATED POSTS
FOLLOW US