Panen Cabai Bersama di Keeeom, Pemprov, Pemkab dan PKK Berikan Subsidi Guna Tekan Inflasi

Posted by : pembarua February 20, 2024 Tags : Cabai , Inflasi , Papua

KEEROM-Pj Gubernur Papua, TP PKK Provinsi Papua dan juga Bupati Keerom dan TP PKK Kabupaten Keerom melaksanakan panen cabai dan juga menanam cabai di Arso 9 Kabupaten Keerom pada Selasa (20/2/2024)

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Papua Samuel Siriwa menjelaskan saat ini berdasarkan data yang didapatkan pihaknya di Keerom khususnya cabai rawit yang panen saat ini ada 21 hektar kemudian cabai besar dan kriting sedang dalam proses berbunga, masa tanam dan juga pemanenan.

“Produksi saat ini  di perkirakan ada dipetani itu ada 95 ton cabai rawit, cabai besar 70 ton dengan harga di petani cabai rawit Rp 25 ribu perkilo, cabai besar Rp15-20 ribu per kilo sementara kriting Rp 30 ribu perkilo,”Tegasnya.

Kendala yang di hadapi petani saat ini kekurangan modal dalam hal pembelian pupuk, alsinta dan lainnya. Kondisi cabai menurut Petani bisa bertahan hampir hingga Mei-Juni dengan harga seperti saat ini.

“Stok lebaran aman dan kami berharap petani kita bisa kendalikan dan bisa mempertahankan cabai ini. Lokasi kami saat ini ada 1 hektar, dan masih ada lagi 10 hektar. Langkah dari kami harus ada intervensi dimana dengan menetapkan harga terendah dan subsidi sehingga menguntungkan masyarakat dan petani,”Pungkasnya.

Sementara itu Pj Ketua TP PKK Linda Onibala mengatakan tanaman yang dipanen dan juga ditanami tersebut merupakan kerja sama antara TP PKK Provinsi Pap7a dengan Dinas Pertanian Provinsi Papua sebagai salah satu langkah untuk membantu pemerintah dan ternyata dilakukan penanaman dan pengawasan yang ketat sehungga saat ini  inflasi di Papua  tetap terjaga.

“Daerah lainnya kami berencana di 8 kabupaten dan 1 kota,namun saat ini kami masih fokus ke Kabupaten Keerom khusunya di Arso, jadi kami punya binaan di Arso itu  di Arso 9 ,10, dan 13. Ini ada satu hektar namun masih ada lagi 1 hektar yang sudah di siapkan dan selanjutnua ada di 20 hektar. Jadi stok cabai sampai bulan Ramadhan di jamin aman,”Tambahnya.

Sementara itu Pj Gubernur Papua Ridwan  Rumasukun mengatakan panen kali ini luar biasa dimana  panen kali ini seluas 1 hektar dari 10 hektar yang tersedia.

“Semoga dengan panen ini buat harga di pasar itu relatif stabil, nanti ada beberapa yang kami bantu seperti di alcon untuk penyiraman tanaman dan multi faktor atau pengelolaan tanah 1 atau 2 haru kami serahkan,”tegasnya.

Ia menjelaskan keluhan dari petani dan pihaknya berharap nantinya bisa memberikan subsidi. “Dari sini harganya Rp 25 ribu ternyata di pasar 100 ribu, maka kita beli disni Rp 35-45/kilo disini kita langsung bawa ke pasar dengan begitu harga cabai bisa stabil di pasar. Sehingga memutus rantai  distribusi agar harga bisa dijangkau,”Pungkasnya. 

RELATED POSTS
FOLLOW US