Pemda Nduga Bersama BPKP Papua Gelar Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran APBD

Posted by : pembarua October 18, 2023 Tags : Nduga , Papuapegunungan

TIMIKA-Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran APBD Tahun 2023 di Kabupaten Nduga maka Pemerintah Kabupaten Nduga bekerja sama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) perwakilan Provinsi Papua melaksanakan evaluasi perencanaan dan penganggaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2023 di Timika pada tanggal 17-18 Oktober 2023. 

Acara tersebut dihadiri oleh 11 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Kabupaten Nduga.

Inspektur Kabupaten Nduga, Muhammad Tahir, S.Sos, MAP, mengungkapkan hasil evaluasi terhadap 6 sampel OPD menunjukkan bahwa masih terdapat perbaikan yang perlu dilakukan agar perencanaan dan penganggaran pada tahun berikutnya dapat dilakukan lebih baik. 

Adapun rekomendasi dari kepala Inspektorat Kabupaten Nduga antara lain setiap OPD harus memiliki Renstra. Dalam penyusunan RKA-OPD, diperlukan pengisian indikator yang jelas sesuai dengan tujuan program dan kegiatan.

“Ketiga diperlukan komitmen dan konsistensi dalam penyusunan RKA-OPD terkait jumlah dan nilai dari awal sampai akhir, termasuk antara program dengan program lainnya,”Tegasnya 

Selain itu diperlukan Komitmen dalam menggunakan Standar Satuan Harga (SSH) / Analisis Standar Biaya (ASB).

“Lebih menekankan belanja yang terkait dengan program dan kegiatan yang bersangkutan daripada belanja lainnya seperti ATK, honor, perjalanan dinas, makan, dan minum,”Tegasnya.

Tim evaluator BPKP menekankan bahwa penyusunan RKA-OPD Tahun Anggaran 2024 harus lebih baik, lebih efektif, dan lebih efisien daripada tahun sebelumnya.(humas/gin)

RELATED POSTS
FOLLOW US