Pj Gubernur Ribka Haluk Raih Penghargaan “Pemimpin Perempuan Inspiratif” dari Kemendagri dan Tempo Media Group

Posted by : pembarua August 31, 2024 Tags : Papua , Papua Tengah

JAKARTA – Penjabat Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk S.Sos, M.M kembali mengukir dan meraih sebuah penghargaan gemilang dari Kementerian Dalam Negeri RI (Kemendagri) bekerja sama dengan Tempo Media Group, Jumat (30/08/2024) di Ballroom The Tribrata Hotel, Jakarta.

Penghargaan yang diraih tersebut diselenggarakan dalam sebuah acara bergengsi yakni, Apresisi Kinerja Penjabat Kepala Daerah tahun 2024, yang diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri RI, Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, B.A., M.A., Ph.D. kepada Mama Pj Gubernur Ribka Haluk dan 10 penjabat Gubernur lainnya.

Mama Ribka Haluk mencuri perhatian publik lantaran menerima penghargaan dalam kategori yang spesial sebagai sosok Pemimpin Perempuan Inspiratif.
Kategori ini merupakan kategori khusus yang diberikan kepada perempuan yang telah berhasil menjadi teladan dan inspirasi dalam menjadi seorang pemimpin.

Perempuan bergelar adat Deerowuni Yum Meumau ini telah membuktikan diri sebagai salah satu pemimpin perempuan yang berpengaruh dan menjadi inspirasi di kanca nasional.

Pembuktian tersebut ditunjukan dalam sejumlah desikasi kerja nyata dalam membangun dan memajukan daerah hingga mensejahterakan masyarakat Papua Tengah.

Direktur Utama PT Tempo Inti Media, Arif Zulkif mengatakan, tim Tempo bersama Kemendagri sebelumnya telah menyusun metodologi dan mengundang para Penjabat kepala daerah untuk mengikuti kompetensi dan memilih yang terbaik dari penjabat yang ada.

“Bulan lalu kami memanggil para finalis. Kami meminta para kepala daerah untuk mempresentasikan capaiannya selama mereka menjadi Plt. Ada yang tenang, tapi saya lihat juga ada yang gugup,” kata Arif Zulkifli saat memberi sambutan.

Arif menjelaskan ada tiga kelompok penilaian yang ditetapkan oleh Kemendagri dan Tempo. Pertama, aspek kesejahteran yang mencakup indikator penting, antara lain kemiskinan ekstrem, tingkat pengangguran, kesehatan dan penanganan stunting. Kedua, aspek pelayanan publik dengan penilaian pelayanan kepada masyarakat, pemberian perizinan, dan kegiatan unggulan di daerah masing-masing. Ketiga adalah ekonomi daerah. Aspek ini dinilai berdasarkan pengendalian inflasi, penyerapan anggaran, serta kinerja dari Badan Usaha Milik Daerah.

“Ketiga hal ini menjadi dasar bagi kami menilai,” ungkapnya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Papua Tengah, Dr. Ribka Haluk mengaku merasa bangga atas penghargaan yang telah diberikan Kemendagri dan Tempo Media Group. Ia pun berterima kasih masih diberikan kepercayaan untuk membangun bumi Cenderawasih.

“Saya sangat bangga, saya diberikan penghargaan dan kategori yang sangat spesial. Terima kasih atas penghargaan ini. Penghargaan ini membuktikan kepercayaan negara terhadap saya untuk membangun Papua Tengah,” ujar Mama Ribka Haluk dengan penuh haru.

Menurutnya, dalam memimpin sebuah daerah, diharuskan menjadi contoh yang baik dan teladan bagi semua pihak. Ia berpendapat, pemimpin itu wajib turun langsung ke lapangan untuk mengetahui dan mencari solusi terbaik untuk segala masalah yang terjadi.

“Kita tau sendiri Provinsi Papua Tengah adalah wilayah DOB, untuk itu kita harus terjun langsung ke lapangan, melihat segala yang terjadi dan mencari solusinya. Pembangunan di Papua Tengah harus kita dorong terus agar masyarakat dapat sejahtera dan menikmatinya hingga turun temurun,” jelasnya dengan penuh semangat.

Mama Gubernur Ribka Haluk berharap, penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi pemimpin-pemimpin yang akan datang untuk memimpin dan meneruskan pembangunan guna memajukan daerah, khususnya Provinsi Papua Tengah.

“Harapan saya hanya satu, jadikan ini motivasi agar semakin banyak pemimpin-pemimpin lainnya yang mempunyai tekat kuat untuk memajukan daerah, khususnya di Papua Tengah guna kesejahteraan masyarakat itu terjadi. Saya juga harap agar seluruh pihak dapat mendukung penuh pemerintah dalam memajukan Papua Tengah,” pungkasnya.

Penhargaan yang diraih Mama Gubernur Ribka Haluk menunjukkan betapa pentingnya pengakuan terhadap kinerja penjabat kepala daerah dalam membangun dan memajukan daerah masing-masing. Seperti halnya Mama Gubernur Ribka Haluk yang berdiri dengan bangga, membawa pulang penghargaan yang layak ia terima atas kerja keras dan dedikasinya.

Dengan prestasi ini, Penjabat Gubernur Ribka Haluk diharapkan dapat terus melanjutkan kiprahnya dalam memajukan Papua Tengah dan memberikan teladan yang baik bagi generasi mendatang. Penghargaan ini langkah-langkah baru dan pondasi yang kuat menuju masa depan yang lebih cerah bagi Indonesia, terutama Papua Tengah. (*)

RELATED POSTS
FOLLOW US