Pj Sekda Enumbi: Puncak Jaya Sudah Aman dan Kondusif, Warga Silahkan Beraktivitas Kembali dan Jangan Ada Lagi Korban

Posted by : pembarua July 19, 2024 Tags : Papua , Puncak Jaya

MULIA- Bertempat di Aula Mapores Puncak Jaya selepas Rapat Mediasi pemulihan keadaan kamtibmas di Kota Mulia, Pj. Sekda Yubelina Enumbi, SE, MM didampingi Kapolres Puncak Jaya AKBP Kuswara dan Dandim 1714/PJ Letkol Inf. Irawan Setia Kusuma, Ketua Klasis GIDI YAMO Pdt. Telius Wonda, Wakil Ketua Wilayah GIDI Pdt. Yonas Enumbi serta Perwakilan Keluarga Korban Otius Murib menyambangi sejumlah warga Nusantara yang mengamankan diri pasca kejadian kemarin.

Pj. Sekda dan rombongan langsung disambut ratusan warga yang berada di Ruang Aula Mapolres dan Makodim 1714/PJ. Ia mengungkapkan “Masalah yang kemarin sudah selesai, Mulia sudah kembali aman dan kondusif meskipun perlu beberapa waktu untuk pemulihan secara menyeluruh. Saya mewakili pemerintah mengucapkan duka cita mendalam atas kejadian yang menimpa beberapa saudara kami kemarin. Kita semua tidak ingin ini terjadi tetapi karena satu masalah akhirnya masyarakat yang menjadi korban” Ungkapnya.

Yubelina menambahkan saat ini keadaan jangan dipancing dan terpengaruh dengan isu dari luar “Kepada masyarakat saya jangan terprovokasi isu dari luar, kita di Mulia kita yang mengalami jadi kepada Ketua Ormas, Klasis dan Wilayah GIDI, Kepala Distrik dan Kepala OPD terima kasih sudah membantu. Mari kita bangun lagi kesehatan mental masyarakat kita” Jelasnya ,

Pj sekda menambahkan bahwa “Kita yang bikin masalah kita yang bisa selesaikan termasuk bersama Kapolres dan Dandim, keluarga korban, OKP, GIDI serta semua kita yang ada. Jadi mari kita kita pulang ke rumah masing-masing beraktifitas sepergi bias. Saya memahami disini dingin, tidak nyaman, semua bercampur kasihan ada anak keci dan ibu-ibu Pasti butuh privasi.” Jelasnya.

Kapolres Puncak Jaya AKBP. Kuswara menambahkan “Kami jajaran Polres Puncak Jaya turut berduka cita atas korban dari masyarakat dan warga nusantara. Kami sampaikan terima kasih kepada keluarga dengan besar hati menerima dan ikhlas. Kami Mengimbau sama-sama bergandeng merangkul memulihkan keadaan dan situasi. Isu dari luar jangan terpengaruh. Meskipun adat kita seperti melayat dan melakukan pelemparan semoga jangan terulang kembali” Imbau Kapolres.

Dandim 1714/PJ Letkol Inf Irawan menyampaikan apresiasi kepada Pj. Sekda, Keluarga korban, Distrik, Klasis dan OKP yang dengan sigap tanggap menyelesaikan situasi. “Saya Dandim bersama jajaran TNI meminta maaf. Karena terkadang kita sebagai manusia tak luput dari kesalahan. Disini kami bukan hanya Kodim tetapi ada beberapa kesatuan yang secara garis komando terkadang tidak melalui Kodim. Pada saat kejadian di RSUD kami tidak mengambil tindakan dan memahami amarah dari masyarakat. Kedepannya kami berharap tidak terjadi insiden yang mengganggu stabilitas keamanan di Puncak Jaya yang merugikan masyarakat sipil. Makanya kita semua harus jaga bersama” Sebut Dandim.

Di kesempatan yang sama, Pj. Sekda juga mengapresiasi Kapolres dan Dandim 1714/PJ bersama jajaran yang telah bersedia menampung dan memfasilitasi kebutuhan warga yang mengamanankan diri. “Biarlah Tuhan yang membalas kebaikan Kapolres dan Dandim serta jajaran, kita tahu bahwa kita semua korban dari keadaan. Saya minta untuk dapat mengawal sampai kembali ke rumah masing-masing dan menjaga keamanan di Mulia sampai pulih” Sebutnya.

RELATED POSTS
FOLLOW US