Raih Promosi Doktor di Uncen, Pj Bupati Tumiran Berharap Kajiannya Menjadi Kebijakan Agar Dapat Diimplementasikan

Posted by : pembarua January 31, 2024 Tags : Papua , Puncak Jaya

JAYAPURA-Penjabat Bupati Puncak Jaya, H. Tumiran, S.Sos, M.AP, berhasil raih promosi doktor dengan predikat cum laude pada Sidang Terbuka Promosi Doktor pada Program Doktor Ilmu Sosial pada Program Pascasarjana Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura.

Tumiran mengangkat isu kearifan lokal dalam penyelenggaraan pemerintahan dan demokrasi di Papua dalam desertasinya.

Adapun berikut beberapa poin penting yang diangkat oleh Tumiran dalam desertasinya Kearifan lokal Yabuu Eeruwok (bekerja bersama-sama) dalam tradisi suku Lani di Puncak Jaya menjadi motto Pemda Puncak Jaya dan mampu menggerakkan semangat kerja bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) setempat untuk mencapai visi dan misi yang sama.

 

Nilai kearifan lokal Abelom Eeruwok (bekerja yang benar) memiliki nilai yang lebih tinggi dari Yabuu Eeruwok karena memiliki potensi, dampak, dan urgensi yang sangat tinggi untuk diterapkan di dalam kinerja Pemerintahan Kabupaten Puncak Jaya karena mengandung ajakan moral untuk bekerja secara benar.

 

Nilai kearifan lokal Abelom Eeruwok relevan dengan core values satu nilai dasar ASN ber-AKHLAK yakni Akuntabel. Artinya para pemimpin di tingkat tinggi mengajak semua unsur dalam kelompok untuk bekerja secara baik dan benar. Dan ini yang sangat cocok diterapkan bagi para Pimpinan Tinggi Pratama di Pemda Puncak Jaya.

 

Budaya dan nilai-nilai kearifan lokal yang diangkat Tumiran dapat menjadi semacam kurikulum pelajaran muatan lokal agar eksistensi tetap dipertahankan oleh generasi milenial saat ini.

 

Tumiran menyarankan agar hasil penelitiannya dapat diadopsi menjadi sebuah kebijakan sehingga pelaksanaannya bisa memiliki daya paksa yang berkekuatan hukum seperti Keputusan Bupati dan Peraturan Daerah sehingga bisa diimplementasikan. Sebab karya ini tak akan bernilai, kalau tidak diimplementasikan untuk peningkatan kinerja ASN.

 

“Saya memilih judul ini karena sangat relevan dengan kondisi yang terjadi di Puncak Jaya, terutama bagaimana mengangkat nilai-nilai kearifan lokal terutama Yabuu Eeruwok dan Abelom Eeruwok dengan nilai-nilai dasar Apratur Sipil Negara yang digaungkan sesuai arahan UU ASN yang ada, serta sejalan dengan paradigma administrasi publik itu sendiri,” katanya

 

Sementara itu Penjabat Sekretaris Daerah Puncak Jaya, Yubelina Ebumbi, SE, MM, menyampaikan proficiat dan apresiasi kepada Penjabat Bupati Tumiran yang telah sukses mempertahakan disertasinya dan meraih gelar doktor.

 

Ia menambahkan, dengan mengangkat kearifan lokal ini, Penjabat Bupati Puncak Jaya juga ikut mewariskan nilai-nilai budaya ini kepada seluruh generasi muda di Puncak Jaya, terutama di lingkungan kerja ASN tentang semangat persatuan dan kesatuan dalam kinerja bersama membangun negeri tercinta.

 

Ujian Sidang Terbuka Promosi Doktor ini dilaksanakan di Lantai II Hotel Horison Kotaraja Jayapura dibuka oleh Rektor Uncen Dr. Oswal O. Oscar Wambrauw, MSc.Agr dan dipandu oleh Direktur Program Pasca Sarjana Uncen, sekaligus Ketua Program Doktor Ilmu Sosial Uncen dan promotor dari Tumiran yakni Prof. Dr. Drs. Akbar Silo, MS, dibantu dua co-promotor, Dr. Yosephina Ohoiwutun, M.Si, dan Prof. Dr. Vince Tebay, M.Si.

 

Sementara adapun lima penguji internal yang hadir yakni Prof. Dr. Agustinus Fatem, M.Si, Prof. Dr. Pawenarri Hijang, MA, Dr. Renida J. Torobi, M.Si, Dr. Septinus Saa, M,Si, Dr. Untung Muhdiarta, M.Si, dan satu penguji eksternal yakniDr. Mardi Adi Armin,M.Hum.(*)

RELATED POSTS
FOLLOW US