Sekda Trisiswanda: Tidak ada Kata ‘Tidak’ Untuk OAP Dapatkan Pelayanan Kesehatan Hanya Karena Tidak Miliki KTP

Posted by : pembarua September 7, 2023

ARSO-Keberadaan MoU antara Pemerintah Kabupaten Keerom dan tiga Rumah Sakit di Kota Jayapura diharapkan dapat memberikan akses kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat Keerom yang tidak memiliki identitas resmi.

Sekda Keerom Trisiswanda Inddra mengatakan ada beberapa kebijakan telah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Keerom yang dipimpin Bupati Keerom Piter Gusbager S.Hut. MUP untuk mewujudkan program kesehatan yang lebih baik menggandeng RSUD di Kata Jayapura

“Kerja sama dengan RSUD Jayapura, Provita, dan RS Dian Harapan dalam memberikan pelayanan rujukan bagi masyarakat Keerom yang tidak memiliki KTP atau BPJS Kesehatan. Anggaran sekitar Rp 5 Milyar dari Otsus dan juga sumber pembiayaan lainnya telah disiapkan untuk membiayai program kesehatan ini,”Katanya.

Pemerintah Kabupaten Keerom juga memperhatikan masyarakat non-Papua transmigrasi yang lahir dan besar di Kabupaten Keerom dan tidak memiliki KTP dengan memberikan akses kesehatan yang sama.

“Program kesehatan ini merupakan salah satu program unggulan dari Bupati Keerom Piter Gusbager dan Wakil Bupati Wahfir Kosasih selain program lainnya,”Tambahnya.

Sekda Trisiswanda menegaskan bahwa tidak ada kata “tidak” bagi orang asli Papua untuk mendapatkan akses kesehatan yang layak.

Setelah penandatanganan MoU, program ini diharapkan dapat berjalan setiap tahunnya untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat Keerom.

“Kebijakan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Keerom ini diharapkan dapat memperbaiki akses kesehatan dan pelayanan kesehatan di Kabupaten Keerom,”Pungkasnya.(gin)

RELATED POSTS
FOLLOW US