Tamatkan 40 Peserta Didik, TK Harapan Mulia Wisudakan Alumni Minta Tetap Jaga Gizi dan Lanjutkan Pendidikan, Plh Sekda: Stop Bicara Kotor Depan Anak

Posted by : pembarua May 30, 2024 Tags : Papua , Puncak Jaya , TK

MULIA-Taman Kanak-Kanak Harapan Mulia sebagai pendidikan usia dini merupakan salah satu yang cukup lama. Sejak kabupaten puncak jaya berdiri pada tahun 1990 sebelum berdirinya kabupaten Puncak Jaya sendiri di 1996.

Sejalan dengan itu di hari ini dilangsungkan alumnus pada penamatan yang genap pada angkatannya ke-30 di Aula TK Harapan Mulia, Kamis (30/05).

Ditemui disela kegiatan Pimpinan TK Harapan, Maria Gerarda Noriwari S. Pd. menyampaikan bahwa penamatan kali ini dilepas siswa/i TK harapan yang telah ditamatkan sebanyak 40 peserta didik yang telah dikembalikan ke orang tuanya.

Maria berpesan “Tugas kami sudah selesai, sekarang tugas Orang tua peserta didik tamatan agar segera memasukkan anak-anak di jenjang SD agar mereka melanjutkan pendidikan yang baik kepadanya” jelasnya dengan suasana haru.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Amir wonda, S. Pd. M,Si mengungkapkan dalam sambutannya “Anak-anak Tk merupakan anak-anak Emas dan perlu sekali kami menjaga ruang bermain dan belajar serta interaksi sosial. Mereka punya dunia sendiri terutama di Taman Kanak-kanak inilah dunia mereka yang terbaik. Kerena dengan adanya ruang dan lingkungan yang baiklah, guru-guru mendidik dan mengasah keterampilan, orang tua mengasuh dan membina mental dan psikologis pasti mereka menjadi peribadi yang baik juga” tuturnya.

Masih ditempat yang sama, Amir juga berpesan agar orang tua yang dalam masa kehamilan tetap menjaga asupan gizi sampai 1000 HPK. “Bukan hanya pendidikan, tetapi sejak dini agar tetap dididik konsumsi makanan yang bergizi agar dengan fisik dan gizi yang baik mudah untuk menangkap pelajaran” Jelasnya. Ia menambahkan agar issue stunting tetap dikedepankan kepada para orang tua untuk tetap juga menjaga gizi alumni dan peserta didik lain.

Amir juga dalam laporannya juga menjanjikan status TK Harapan Mulia yang sebelumnya masih dikelola Yayasan nantinya akan diganti menjadi TK Negeri Harapan Kabupaten Puncak Jaya yang disambut tepukan hadirin.

Mewakili Pj. Bupati, Plh. Sekertaris Daerah Kabupaten Puncak Jaya Esau Karoba, S.Pak. M.Si dalam sambutan bupati yang dibacakan dalam mengungkapkan kebanggaannya dengan kreativitas anak-anak yang diwisuda hari ini.

Ia mengungkapkan “Anak-anak sekarang merupakan anak-anak canggih, ya. Jaman sekarang mereka bisa mengalahkan orang tua dengan menggunakan teknologi. Bermain HP saja biasa, kami orang tua saja tidak tau mengoperasikan HP” Sambung Esau.

Salam momen berbahagia itu, dirinya juga berpesan kepada orang tua. “Setelah dilatih dan diajar etika oleh guru-guru TK Harapan, saya berpesan kepada orang tua setelah bawa pulang anak sampai dirumah. Jangan pernah mengucapkan kata-kata kotor didepan mereka. Karena orang tua merupakan guru dirumah, maka dengan itu saya sangat sayangkan jika itu terjadi maka usaha para guru sia-sia” imbuhnya.

Plh. Sekda juga menambahkan “Orang tua juga harus memberikan makanan yang bergizi dan menjaga kesehatan dengan baik. Saya juga secara pribadi dan mewakili Pj. Bupati juga menyampaikan banyak-banyak terima kasih atas perhatian para guru selama ini. Walaupun mereka kadang ada yang merepotkan dengan sikapnya, tetapi dengan kesabaran dalam mendidik akhirnya bisa selesai dan terkadang yang diingat kenangan itu ketika mereka berhasil nanti. Dan menjadi gur adalah tugas yang mulia.”Tutup sosok yang pernah menjadi Guru juga.

Acara berlangsung sederhana dan penuh hikmat yang diakhiri penampilan atraksi dan hiburan serta santap siang bersama.(Manus)

RELATED POSTS
FOLLOW US