Tanam Cabai Serentak Se Indonesia, TP PKK Papua Tengah: Dengan Gerakan Ini Kita Harapkan Dapat Mengoptimalkan Pemanfaatan Lahan

Posted by : pembarua March 5, 2024 Tags : Cabai , Lahan , Papua Tengah

NABIRE- Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) menggelar tanam cabai serentak Se-Indonesia yang digelar di Kampung Legari Jaya, Distrik Makimi, Kabupaten Nabire, Senin (4/3/2024).

Gerakan tanam cabai yang melibatkan para petani ini merupakan rangkaian Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 Tahun 2024 dengan tema “Bergerak Bersama PKK, mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju”.

Bergerak bersama mengandung makna keserempakan gerak kader PKK bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga rakyat Indonesia.

Pj. Ketua TP PKK Provinsi Papua Tengah Ny. Yosina Anwar Damanik mengatakan gerakan tanam cabai ini bertujuan untuk memasyarakatkan gerakan tanam cabai kepada masyarakat. Apalagi cabai menjadi salah salah satu komoditas yang kerab menjadi penyumbang naiknya inflasi di Papua Tengah.

“Komoditas yang perlu diwaspadai adalah cabai merah, cabai rawit, beras, gula pasir, minyak goreng dan bawang. Nah dengan gerakan ini kita harapkan masyarakat dapat mengoptimalkan pemanfaatan lahan pekarangan di sekitar rumah, sekolah, maupun kantor-kantor serta lahan kosong lainnya,” ungkapnya.

Menurutnya harga cabai di pasaran sangat susah dikontrol terkadang bisa tinggi dan mahal tanpa bisa diprediksi. Sedangkan kebutuhan cabai untuk konsumsi rumah tangga seperti membuat sambal, cukup seperlunya. Oleh sebab itu dengan gerakan tanam cabai harapannya bisa memenuhi kebutuhan konsumsi cabai di rumah tangga masing-masing.

“Kalau bisa dikonsumsi dari halaman sendiri tentunya ibu-ibu tidak perlu membeli cabai di pasar. Itu akan menekan harga cabai di pasaran sekaligus kita dapat menekan laju inflasi,” terangnya.

Pj. Ketua TP-PKK mengungkapkan bahwa program ini merupakan arahan dari Ketua Umum TP-PKK, yang mana TP-PKK Provinsi dan Kab/Kota agar membuat program-program strategis.

“Sesuai arahan dari Ibu Ketua Umum TP PKK bahwa seluruh tim penggerak PKK Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk lebih menggiatkan dan lebih membuat program-program strategis dan bentuk nyata dalam melakukan gerakan tanaman cabai ini,” ungkapnya.

RELATED POSTS
FOLLOW US