Tangani Stunting, Pemda Nduga Laksanakan Konsolidasi Pemdampingan Analisis Situasi Bersama Kemendagri

Posted by : pembarua August 21, 2023

KENYAM-Guna menanggulangi Stunting, Kabupten nduga melaksanakan Konsolidasi Pendampingan Pemetaaan Analisis Situasi Program dan Manajemen Data yang menghadirkan narasumber dari Bangda Kemendagri.

Pj Bupati Nduga Drs. Edison Nggwijangge yang diwaliki oleh Sekda Nduga Namia Gwijangge, S.Pd, M.Si mengatakan rapat konsolidasi dalam rangka percepatan penurunan stunting di Kabupaten Nduga sangat penting oleh sebab itu dirinya memberikan apresiasi Bangda Mendagri yang telah hadir di Kenyam guna memberikan pembinaan.

“Dinas yang terlibat guna penurunan stunting ini agar menyampaikan data-data laporan kepada Pemerintah Pusat yang selama ini kurang melaporkan sehingga raportnya merah padahal banyak yang telah kami lakukan. Melalui kegiatan ini kita sepakat terus melakukan upaya-upaya penurunan stunting,”Katanya.

Pihaknya menargetkan dari Tahun 2023 sampai nantinya Tahun 2024 angka stunting di Kabupaten Nduga tidak ada lagi dan turun sampai nol persen. Hal itulah Pemda Nduga bersama-sama pemerintahan di Seluruh Indonesia terus melakukan upaya-upaya penurunan angka Stunting.

“Masyarakat kita yang ada didaerah harus kita lakukan pendataan agar angka stunting itu jelas, maka semua pihak harus mendukung Dinas Kesehatan dalam menekan angka stunting dan prinsipnya Pemda Nduga siap melakukan upaya-upaya penekanan stunting dan kita sudah anggarkan,”Pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Nduga, Ahmad Lokbere mengatakan Dinas Kesehatan yang menangani langsung stunting mengaku senang dengan kedatangan Bangda Kemendagri dalam penanganan stunting di Kabupaten Nduga. Pihaknya siap bekerja sesuai arahan dari pihak Kemendagri dan juga Pemda Nduga guna menekan angka stunting.

“Angka Stunting di Nduga kurang lebih 200 dan setelah kita lakukan beberapa waktu ini menyisakan 64 dan tentu ini akan terus menjadi fokus kita guna menuntaskan penurunan stunting ini,”Pungkasnya.

Perwakilan Bangda Mendagri, Samtoro Larobu mengatakan Pemda Nduga dalam penanganan stunting, kemiskinan eksrem dan inflasi memiliki semangat yang serius dan memiliki komitmen yang tinggi.

“Karena signal dan situasi keamanan menjadi kendala pelaporan namun melihat optimis yang besar penanganan stunting, kemiskinan ekstrem dan inflasi akan dapat diselesaikan dengan baik,”Katanya.

Kemendagri mengaku akan terus memberikan dukungan dalam rangka penanganan penurunan stunting, kemiskinan ekstrem dan juga inflasi di daerah Nduga.(Humas/gin)

RELATED POSTS
FOLLOW US