Pemuda Baptis Nilai Ada Niat Merusak Budaya Lapago

Posted by : pembarua July 10, 2023

WAMENA-Ketua Pemuda Baptis setanah Papua Akia Wenda mengatakan, pengunaan atribut tidak sesuai budaya  merupakan pelecehan harga diri orang Papua Wilayah Adat Lapago Provinsi Papua Pegunungan. Atribut budaya digunakan dalam salah satu kegiatan Papua Street Carnival yang di hadiri Presiden RI Joko Widodo dinilainya merugikan adat istiadat masyarakat Papua.

“Ada wadah -wadah secara terstruktur bentuk oleh oknum- oknum libatkan pihak -pihak ingin merusak tatanan budaya adat isti adat Orang Asli Papua khususnya wilayah adat Lapago,” jelasnya.

Praktek untuk menghilangkan bahasa daerah, Budaya adat istiadat telah berlangsung lama, namun dilakukan secara masif dan kolektif. “Praktek pemusnahan Budaya, adat isti adat, bahasa dan berbagai sektor berlangsung lama secara masif dan kolektif,”Ujarnya.

“Praktek ini, bagian dari konflik tak ujung sedang terjadi ditanah Papua, penyakit sosil merajalela dimana -mana dan pertambangan ilegal yang dibeking dari Jakarta, Lembaga adat, LMA dan lain ini harus berfungsi menjaga nilai-nilai budaya, namun semua pada diam, jadi itu sudah ada orang- orang yang sedang bermain atau dibeking,”Ungkapnya.

Ia meminta semua generasi muda tidak terpengaruh dengan tawaran cerdik, pada akhirnya sedang merusak tatanan nilai -nilai leluhur. “Semua harus sadar, generasi muda jelih melihat, mana yang harus ikut dan mana yang tidak kerena akan menurusak nilai nilai berharga OAP,”Pungkasnya.(gin)

RELATED POSTS
FOLLOW US