Ikuti HUT Dekranas dan HUT HKG PKK di Jateng,TP-PKK Puncak Jaya Pamerkan Keanekaragaman Budaya

Posted by : pembarua May 17, 2024 Tags : NABIRE , P , Papua

SOLO-Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Puncak Jaya, Ny. Manikem Tumiran bersama rombongan turut memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang digelar meriah di Solo, Jawa Tengah (Jateng), pada 15-18 Mei 2024.

Ribuan kader PKK dan Dekranasda dari seluruh penjuru Indonesia turut serta menampilkan keanekaragaman budaya Nusantara melalui parade yang penuh warna dan semangat kirab kriya dan budaya serta PKK dari seluruh provinsi sekitar 1.200 pejalan kaki yang berjalan sekitar 5 Kilo meter jauhnya.

Setiap peserta parade menampilkan berbagai kesenian daerah, mulai dari tarian tradisional, musik, hingga pakaian adat khas masing-masing daerah.

Ribuan warga Kota Solo menyaksikan kemeriahan Parade Budaya Nusantara dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas).

Ditemui Pers, Ketua TP-PKK Puncak Jaya Ny. Manikem Tumiran mengatakan bahwa kegiatan parade ini sangat menarik. Dimana dari tiap-tiap Provinsi menampilkan kreasi dan keunggulan daerahnya masing-masing.

“Kami dari Kabupaten Puncak Jaya mendampingi ibu ketua PKK Provinsi Papua membawa 12 orang peserta untuk memperkenalkan keunggulan daerah kami. Kami memperkenalkan Daerah kami kepada penonton disepanjang jalan. Ini pengalaman pertama kali kami mengikuti kegiatan parade yang sangat menarik,” ucapnya.

Dirinya berharap semoga kedepannya kegiatan seperti ini lebih ditingkatkan lagi. Dan kami dari Puncak Jaya tetap akan memperkenalkan apa yang daerah miliki. tetap belajar dari pengalaman, mari kita saling melengkapi, mengisi dan berbagi/menambah pengetahuan.

Selain lomba senam kreasi 6 langkah cuci tangan, TP-PKK, juga ada lomba paduan suara, cerdas cermat, wellcome dinner, Lomba Memasak Menu Pangan Lokal Sumber Karbohidrat Non-Beras, Parade Budaya Nusantara dan Lomba Kreasi Jingle.

Selain menghadiri HKG PKK Nasional, TP PKK Puncak Jaya juga akan mengikuti rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas). Di acara itu, Dekranasda Konawe akan menampilkan Tenunan asal daerah Konawe seperti Pine Wine Mbae (Motif bunga padi), Tenunan Pitetotoono ( Motif orang – orangan), Petaulumbaku (Motif bunga pakis).

Pihaknya mengatakan, dengan acara-acara seperti ini, jadi mengenal daerah laina. Tentu, selain itu juga seru, dan menarik.(*)

RELATED POSTS
FOLLOW US